Breaking News

Kapolres Bireuen Kembali Gelar Jum'at Curhat di Beat Coffee Peudada, Berikut Saran dan Tanggapan dari Beberapa Tokoh dan Tamu Undangan

Doc. Kebersamaan Jum'at Curhat Dengan Waka Polres Bireuen M.Ryan di Beat Coffe Peudada (27/01/2023)

Bireuen. Jumat Pagi (27/1/23), Kapolres Bireuen AKBP Mike Hardy Wirapraja, S.I.K., M.H kembali menampung informasi Kamtibmas melalui kegiatan Jumat Curhat.

Kegiatan rutin ini turut mengundang berbagai tokoh di Bireuen Khususnya di Kecamatan Peudada ini untuk kita laksanakan kegiatan secara santai sembari minum Kopi di salah satu warung kopi "Beat Cofee Peudada".

Kapolres Bireuen yang diwakili oleh Pak Wakapolres M.Ryan mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya Polri untuk terus mendekatkan diri kepada masyarakat dalam rangka mewujudkan Polri yang Presisi. Ujarnya.

“Selain untuk menyerap informasi langsung tentang kondisi Kamtibmas, Kegiatan Jumat Curhat ini juga merupakan salah satu wadah bagi Polri untuk selalu dekat dengan rakyat agar slogan Polri Presisi ini bisa terus diwujudkan,” ucapnya.

Wakapolres juga menambahkan kembali mengajak masyarakat untuk menyampaikan permasalahan Kamtibmas di wilayah masing-masing melalui kegiatan serupa yang juga dilaksanakan oleh Polsek Jajaran di wilayah hukum masing-masing secara mobile agar bisa menjadi atensi pihak kepolisian.
 Berikut Saran dan Curhat yang disampaikan oleh beberapa perwakilan yang hadir dalam acara Jum'at Curhat yaitu;
1. Tokoh agama Abu H.Kamaruzzaman, mohon untuk ditindaklanjuti terkait ketertiban baik izin maupun aturan khusus bagi keude-keude atau warung internet yang banyak membiarkan siswa dan santri dayah bermain disaat jam belajar.  
2. Dari PPK Kecamatan, sejauhmana pengamanan dan pendampingan bagi seluruh PPK dan PPS Desa dalam menyelenggarakan Pemilu kedepan agar dapat terhindar dari tekanan-tekanan pihak yang memiliki kepentingan, mengingat tahun politik merupakan tahun yang penuh tantangan dalam menentukan keberhasilannya.  
3. Selanjutnya, dari APDESI Kecamatan Peudada yang diwakili oleh Wakil Sekretaris APDESI Peudada, menyangkut dengan jalur lintas yang sangat membahayakan khususnya yang lebih utama dipusat Keude Peudada, banyak kendaraan yang parkir dibadan jalan dan sangat terganggu bagi pengguna jalan lain yang melewatinya. Selain itu juga meminta untuk kepada pihak Kapolres untuk menetapkan personil keamanan setiap pagi khususnya di simpang SMA Peudada di Wilayah Kemukiman Alue Rheng, mengingat simpang tersebut rawan kecelakaan, daerah tersebut juga pusat pendidikan mulai dari SD, SMP dan SMA.

Kapolres Bireuen melalui Wakapolres M.Ryan menanggapi dari beberapa saran yang disampaikan dalam Jum'at Curhat dipeudada ini, hampir dimana kita hadir dalam acara seperti ini pertanyaannya hampir banyak yang sama. 

Kesempatan hari ini kita menanggapi dulu saran dari Tokoh agama Abu Kamaruzzaman tentang penertiban warung internet mendapat respon positif dan langsung memerintahkan  jajarannya ditingkat kecamatan untuk terus melakukan patroli dan menegur baik dengan lisan maupun dengan surat edaran berdasarkan peraturan.
lanjut menanggapi pertanyaan dari PPK tentang pengamanan Pemilu baik tingkat kabupaten, Kecamatan sampai kedesa dari pihak polres sudah ada Mou kerjasama untuk menyukseskan pemilu serentak ditahun 2024.

Selanjutnya tentang kondisi Keude Peudada yang hampir semrawut dekat badan jalan dan sudah mengganggu ketertiban lalulintas, ditanggapi langsung oleh bapak Polsek Peudada, bersama Camat sebelumnya pernah menyurati pihak Pemkab untuk menindaklanjutinya, namun sampai saat ini pihak Pemkab belum ada kejelasan yang jelas. Padahal kalau kita lihat secara langsung orang yang melintas selalu khawatir terhadap potensi rawan kecelakaan.

Dari beberahal yang kita tanggapi bapak wakapolres juga meminta kembali kepada seluruh jajarannya untuk terus melakukan patroli di keude-keude yang memanfaatkan tempat untuk main chip, bila ketemu tegur atau hapus aplikasinya, tidak diindahkan berilah bimbingan yang baik, selain itu juga mengawasi keude-keude atau warung-warung yang memanfaatkan waktu shalat Jum'at untuk duduk istrahat. "Ujar M.Ryan.

Camat juga menambahkan, meminta kepada Kapolres di peudada ini ada hari pekan dua kali dalam seminggu yaitu hari Rabu dan hari Jum'at, bila ada waktu mohon kesediaan mobil SIM keliling untuk terus memberi kontribusi pelayanan kepada warga yang mudah dan tepat.

Diakhir acara, Keuchik Zaini Tanjung selamat menambahkan dan meminta untuk kedepan program sebagaimana terobosan yang sudah dijalankan oleh pihak Kapolsek selama ini untuk terus memberi apresiasi, memang tiada lain seperti kita lihat disaat bencana banjir kamaren mungkin duluan bapak Kapolsek kelapangan untuk meninjau langsung situasi yang sedang terjadi, gerak cepat tanggap memang bisa kita contoh. Semoga jadi panutan untuk orang lain dalam hal kewajiban dalam bertugas. Ungkapnya.

Ketua APDeSI Taufik Wahyudi, SE juga mengapresiasi kinerja Kapolsek Peudada selama ini yang sangat responsif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan terlihat langsung tanpa kita sadari gebrakannya selalu hadir ditengah-tengah masyarakat. Sangat pantas dengan penghargaan yang diterima oleh Kapolsek Peudada akhir tahun kemaren Juara 1 PancaSiap Polsek se Kabupaten Bireuen.

Lanjut Ketua APDESI Peudada Juga mengapresiasi dan mendukung kegiatan Jumat curhat ini.

Menurutnya, dengan adanya wadah yang lebih santai, masyarakat tidak sungkan untuk menyampaikan langsung permasalahan-permasalahan yang ada kita temukan di lingkungan masing-masing kepada pihak kepolisian. “Wadah seperti ini memang sangat diperlukan masyarakat selain wadah formal. 

Kami berharap kegiatan tersebut dapat terus digelar secara rutin dan estafet di berbagai titik di Bireuen agar masyarakat dapat menyampaikan langsung aspirasi kepada Kapolres Bireuen,” ujarnya.

Kapolres yang diwakili Oleh Waka Polres Turut juga menghadirkan Beberapa pejabat penting dipolres bireuen untuk mengikuti acara Jum'at Curhat dipeudada ini yaitu Kabag SDM, Kasat Samapta, Kasat Lantas, KBO Reskrim, Kasiwas, Ka Logistik, Kasatpol Air, Kasat Binmas, Kasi propam dan KBO Narkoba.

Acara tersebut juga didampingi oleh Camat Peudada Erry Seprinaldi, S.STP, S.Sos, M.Si, Polsek Peudada M.Nazarullah, SH, Danramil Peudada Sulaiman, dan Danpol Air Peudada Afdar.

Undangan lain juga hadir Para Imum Mukim, Para Keuchik, Tokoh Agama/adat dan para Undangan lainnya.[*]
© Copyright 2022 - Asumsi Publik - Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini