Breaking News

PPK Bersama Muspika Peudada Sambut Bawaslu Bireuen Monitoring Rekapitulasi Pleno Hasil Pemilu 2024

BIREUEN | Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilu 2024 tingkat Kecamatan sedang berlangsung, Ketua Bawaslu Kabupaten Bireuen Rahmad meminta Panwaslu Kecamatan tak ragu sampaikan hasil pengawasan. Oleh karena itu, perlu dipersiapkan data hasil pengawasan yang komprehensif.

“Pada saat rekap tingkat kecamatan, tolong dihadirkan juga PKD dan PTPS sesuai jadwal yang telah ditetapkan, Persiapkan data hasil pengawasan/kejadian khusus di tingkat TPS,” Ungkapnya disela-sela monitoring pada kegiatan Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilu 2024 Tingkat Kecamatan di Aula Kantor Camat, selasa (20/02/2024).

Senada dengan hal tersebut, Lanjut Ketua Bawaslu Kabupaten Bireuen Rahmad yang didampingi Panwas Kecamatan, menegaskan bahwa Keakuratan, kevalidan, dan kebenaran data angka hasil pengawasan Bawaslu melalu Panwas Gampong harus menjadi perhatian penting kita semua.

“Rekap tingkat kecamatan hari ini sangat penting, sehingga perlu Ketelitian dan kecermatan. kami ingin pastikan panwascam mempunyai data banding dari hasil pengawasan PTPS yang tepat, akurat dan dapat dipertanggungjawabkan dikemudian hari,” Ucap Rahmad.

Dikatakan lebih lanjut, jika ada perbedaan terhadap c.hasil/c.salinan antara saksi dan penyelenggara teknis maka ada potensi ketidakpercayaan terhadap penyelenggaraan teknis. Dalam kondisi seperti itu data yang dimiliki Pengawas Pemilu akan lebih dipercaya, sehingga perlu dipastikan benar kevalidan data hasil pengawasan.

Sementara itu, Muspika Peudada dalam hal ini Polsek Peudada Iptu. M.Nazarullah, SH yang didampingi oleh Camat Erry Seprinaldi dan Anggota PPK, mengingatkan setiap kejadian khusus saat pengawasan di TPS itu harus dipastikan informasinya itu tertuang lengkap dalam Laporan Hasil Pengawasan dilapangan.

“Penekanannya selesai rekapan di kecamatan tidak ada lagi perbedaan angka antara sirekap dengan tampilan c.hasil. Pada saat PPK akan memaparkan data rekapitulasi, jajaran pengawas harus memastikan data sirekap dengan c-hasil sesuai tidak ada perbedaan, kami berharap semua permasalahan selesai di tingkat kecamatan.” tutup Polsek Peudada M.Nazarullah.[Ir*]

© Copyright 2022 - Asumsi Publik - Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini