Breaking News

Cara Mengatasi Memori Penuh dengan Mudah dan Efektif

Ilustrasi Cara Mengatasi Memori Penuh dengan Mudah dan Efektif
Ilustrasi Cara Mengatasi Memori Penuh dengan Mudah dan Efektif

TEKNOLOGI - Cara mengatasi memori penuh dengan mudah yang harus Anda ketahui dan pahami sebagai pengguna HP Android maupun iPhone. Karena, sering terjadi kasus memori HP yang tiba-tiba penuh, padahal sedang asyik mengambil foto/video atau instal APK. Memori internal atau ROM adalah memori yang tersimpan langsung oleh prosesor, memori ini merupakan penyimpanan bawaan yang ada pada HP. Penggunaan memori ini adalah untuk menyimpan data berupa foto, video, audio, dan beragam aplikasi.

Penyebab memori menjadi penuh ada banyak sekali, seperti menginstal aplikasi yang memiliki ukuran besar, merekam video yang beresolusi tinggi membuat ukuran datanya lebih besar. Jarang membersihkan cache atau sampah file. Selain itu juga, menyimpan media dari medsos atau aplikasi chatting otomatis.

Cara Mengatasi Memori Penuh dengan Mudah

Habisnya ruang penyimpanan selain tidak bisa menyimpan foto/video atu instal APK, akan tetapi juga menjadikan HP lebih lemot daripada sebelumnya. Terkadang membuat beberapa aplikasi tidak bisa Anda gunakan. Yuk, simak tips dan cara mengatasi memori penuh pada HP agar tidak lemot lagi.

Selektif dalam Menginstal Aplikasi

Ukuran file aplikasi yang terlalu besar merupakan sebab utama memori penuh pada HP. Apalagi aplikasi game-game seperti Genshin Impact yang membutuhkan sekitar 17GB ruang penyimpanan. Sebagian besar orang, memang sulit untuk menahan diri agar tidak menginstal game. Namun, tetap selektiflah dalam memilih game. Karena, akan berpotensi menghabiskan storage.

Hapus Aplikasi/Game yang Tidak Anda Butuhkan

Kebiasaan sebagian orang, menginstal banyak aplikasi, saat merasa memori HPnya masih banyak. Kenyataannya, aplikasi hanya sebagai pajangan saja, dan memenuhi memori HP. Install aplikasi yang benar-benar Anda butuhkan.

Mematikan Opsi Update Otomatis dari Google Play Store

Google Play Store menyediakan fitur update APK otomatis, bagi Anda yang menggunakan HP Android. Memang memudahkan, namun juga menjadi bencana bagi memori Anda, yaitu akan membuat memori Anda penuh.

Rutin Membersihkan Cache atau Junk File

Meski ukuran cache cukup kecil, namun jika menumpuk dalam jumlah yang banyak, tentu akan memakan kapasitas penyimpanan. Sampah ini meski sudah Anda hapus, namun terkadang dengan tiba-tiba muncul kembali yang akan membuat memori penuh lagi. Maka untuk mengatasinya adalah dengan secara rutin membersihkannya.

Caranya bagaimana? Caranya yaitu pertama buka menu pengaturan, kemudian masuk ke menu Apps, lalu pilih aplikasi yang ingin aAda hapus cache-nya. Setelah itu klik Clear Cache di menu App Info.

Gunakanlah Aplikasi Cleaner dan Antivirus

Menghapus cache bisa menggunakan cara manual serta juga bisa secara otomatis. Caranya yaitu menggunakan aplikasi cleaner atau antivirus. Tidak hanya bisa membersihkan sampah, aplikasi cleaner juga memiliki beberapa fungsi lainnya. Seperti membersihkan RAM HP agar bisa Anda gunakan untuk multitasking.

Hapus Foto dan Video yang Tidak Anda Perlukan

Sekarang ini berfoto merupakan sebuah hobi dari sebagian orang. Apalagi dengan HP yang memiliki kualitas kamera yang besar. Selain foto, video juga bisa menjadi sumber penuhnya memori HP Anda. Terutama untuk anak muda jaman sekarang yang gemar membuat TikTok atau Instagram stories. Pastinya akan banyak menyimpan foto dan video yang membuat memori HP penuh. Untuk mengatasinya, hapus foto dan video berukuran besar yang sudah tidak Anda perlukan.

Mematikan Auto-Download Media di Whatsapp

Sama seperti fitur di Google Play Store yang otomatis update, fitur di Whatsapp ini juga membuat Anda otomatis mengunduh media yang terkirim melalui Whatsapp. Maka matikan fitur tersebut agar tidak membuat memori menjadi penuh.

Itulah beberapa cara mengatasi memori penuh di HP Android maupun iPhone yang dapat Anda terapkan. Setelah ini, Anda tidak perlu khawatir jika memori HP anda penuh.

© Copyright 2022 - Asumsi Publik - Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini