Breaking News

Jangan Sepelekan Manfaat Minum Air Putih untuk Tubuh

Air putih atau air mineral sangat bagus untuk kesehatan tubuh manusia.
Air putih atau air mineral sangat bagus untuk kesehatan tubuh manusia.

KESEHATAN - Kamu belum merasakan manfaat minum air putih. Di balik kesederhanaan dan kepolosannya, air putih memiliki sejuta manfaat. Minuman paling sehat di antara yang lain. Mengapa tidak, kita saja disarankan minum 2 liter perhari.

Jangan sampai kamu kekurangan bahkan tidak pernah minum air putih sama sekali. Kebanyakan orang-orang lebih memilih minuman kemasan yang ada rasanya.

Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan Tubuh

Wanita disarankan minimal minum 1,6 liter per hari, sedangkan laki-laki sekitar 2 liter per hari. Manusia bisa kehilangan cairan, maka ketika kamu berolahraga jangan lupa sering minum. Sebab kurangnya cairan bisa disebabkan karena berkeringat.

Terhindar dehidrasi

Tidak enak rasanya jika kita kehausan, pasti tenggorokan akan kering dan berujung sakit. Kekurangan cairan atau dehidrasi bisa menimbulkan banyak penyakit. Seperti ginjal,

Menurunkan Berat Badan

Manfaat minum air putih dengan rajin memudahkan tubuh membakar lemak serta mendetox tubuh. Air putih memiliki manfaat membuang kotoran melalui keringat, urine, dan tinja, yang berdampak pada berat badan menurun.

Minum air putih sebelum makan dapat memberikan efek kenyang, sehingga porsi makan menjadi lebih sedikit. Dengan demikian,  berat badan terkontrol dan juga asupan kalori lebih terjaga.

Mencerahkan Kulit

Banyak orang yang diet lalu lebih cantik dan muda. Sebab mereka banyak minum dan memberikan efek mencerahkan kulit. Tak heran jika yang berhasil diet, menjadi semakin cantik.

Mencegah Batu ginjal

Batu ginjal merupakan salah satu penyakit dimana terjadi endapan keras berupa mineral dan garam dalam ginjal. Ukurannya kecil, tapi bisa bertambah besar dari hari ke hari. Maka dari itu, perhatikan manfaat minum air putih untuk mencegah terbentuknya batu ginjal.

Ketika cairan tubuh cukup, urine akan berwarna jernih dan bebas bau. Ketika tidak cukup, warna dan aromanya akan lebih kentara. Dikarenakan ginjal untuk menjalankan fungsinya maka harus menyerap cairan lebih ekstra.

Menjaga Tekanan Darah

Jika kamu kekurangan cairan tubuh, darah akan kental dan terjadi ketidakseimbangan elektrolit, seperti natrium dan kalium yang terdapat di dalam darah. Karena air adalah bagian terbesar dari darah. Tekanan darah kamu akan rendah jika kamu kekurangan air putih.

Rajinlah minum air putih supaya menjaga tekanan darah tetap normal.

Meningkatkan Stamina

Sudah pasti kita melakukan kegiatan akan timbul rasa haus dan akan menjadi lemas. Tubuhmu membutuhkan asupan energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Konsumsi air putih yang cukup maka stamina akan meningkat. Dengan begitu, kamu akan sehat.

Menjaga Konsentrasi

Apabila kamu lupa minum, maka fungsi otak tidak jalan. Hal ini membuat kamu tidak fokus dan konsentrasi. Rugi jika berdampak pada aktivitas dan produktivitas kamu sepanjang hari. Pasti akan mengganggu kegiatan padat kamu. Perbanyak minum air putih, agar otak dapat berfungsi secara optimal.

Mempertahankan Fungsi Usus

Agar tidak sembelit, konsumsi air putih yang cukup. Karena setiap makanan yang kita konsumsi supaya lancar melewati saluran pencernaan. maka Buang Air Besar (BAB) akan lancar. Sebaliknya jika kamu kurang dalam konsumsi air, usus akan menyerap cairan dari kotoran mu dan menjadi sulit buang air besar (BAB).

Menjaga Kesehatan Otot dan Sendi

Supaya tidak cepat lelah perbanyak konsumsi air putih. Selain itu, otot tidak kaku dan mudah gerak dalam beraktivitas. Sebelum berolahraga usahakan minum 500 ml air putih sebelum berolahraga. Supaya kuat olahraga durasi lama dan tidak mudah capek.

Demikian tadi uraian mengenai manfaat minum air putih untuk tubuh, semoga kamu menjadi semakin rajin minum. Agar sehat dan kebutuhan cairan harian terpenuhi dengan sempurna.

© Copyright 2022 - Asumsi Publik - Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini