Breaking News

Mangut Lele Jogja, Kuliner Berkuah Pedas Kaya Rempah

Mangut lele Jogja salah satu kuliner legendaris yang patut dicoba.
Mangut lele Jogja salah satu kuliner legendaris yang patut dicoba.

KULINER - Mangut lele Jogja salah satu kuliner legendaris yang patut dicoba. Kuliner Jogja memang lebih identik dengan gudeg. Namun sebenarnya ada berbagai makanan khas lain yang bisa Anda nikmati di Jogja, salah satunya mangut lele. Mangut adalah masakan ikan yang tampak mirip gulai dengan bumbu dan rempah yang berbagai macam. Kuliner ini banyak diminati dan saat ini cukup populer bagi masyarakat di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Keberadaan mangut di Jateng dan Yogyakarta memiliki perbedaan dari bahan ikan yang digunakan. Untuk Kota Semarang yang menggunakan bahan utama dari ikan pari atau iwak pe. Sementara di wilayah Yogyakarta, masakan mangut ini menggunakan bahan utama ikan lele.

Meski dahulu di Kota Jogja mangut lele termasuk sangat langka keberadaannya, namun saat ini sudah banyak rumah makan yang khusus menyediakan menu mangut lele. Kuliner mangut lele ini memang sangat terkenal dan menjadi makanan yang disukai para wisatawan. Terlebih bagi Anda yang suka dengan kuliner makanan pedas.

Mangut Lele Jogja Kuliner Legendaris dengan Sensasi Pedas

Ikan lele menjadi salah satu makanan favorit bagi orang Indonesia. Hal ini karena harga ikan ini yang cukup murah. Jenis ikan ini menjadi pilihan sumber protein yang nikmat disantap siang dan juga malam hari. Jika biasanya lele hanya digoreng lengkap dengan sambal dan nasi hangat, maka bisa perlu mencoba sajian lele lainnya. Mangut lele yang berasal dari Yogyakarta, meski makanan ini tidak sepopuler gudeg dan bakpia. Namun sekali mencoba kenikmatan makanan ini, Anda bisa kembali merindukan Jogja.

Sebenarnya mangut ini termasuk jenis kuliner yang simpel dan sederhana. Mangut lele terbagi menjadi 2 versi yakni mangut lele yang melalui proses pengasapan dan lele yang digoreng. Pada jenis mangut lele yang digoreng, sebelumnya dimarinasi dengan air jeruk nipis dan garam. Setelah itu, baru melalui proses goreng. Setelah matang, lele akan dimasak menggunakan kuah santan dan tambahan sayuran untuk memperkaya cita rasanya.

Sementara untuk mangut lele asap dari Jogja, ikan lele yang sudah dibersihkan akan ditusuk menggunakan sabut pelepah kelapa. Proses pengasapannya juga membutuhkan waktu lama menjadi kunci kenikmatan sajian ini. Bumbu mangut terdiri dari santan, cabai rawit, petai, daun salam, bawang merah, dan bawang putih. Tak lupa juga untuk menambahkan bumbu kencur. Untuk memasaknya juga masih menggunakan tungku kayu bakar.

Menjadikan Badan lebih Segar

Sensasi pedas yang dihasilkan dari paduan cabai dan bumbu rempah yang dimasak bersama ikan lele tersebut menjadi ciri khas dari kuliner lezat ini. Banyak orang yang berkucuran keringat meski baru mencicipi kuliner ini saat suapan. Ini terjadi karena karena kepedasannya. Tak heran jika banyak yang suka dengan kuliner yang satu ini. Apalagi para pecinta makanan dengan rasa yang pedas. Untuk memesan kuliner mangut lele Jogja, ada yang mengambil sendiri ke dalam dapur rumah makan yang penuh kepulan asap. Nantinya akan tercium aroma ikan mangut yang menggugah selera dari depan pintu masuk.

Hal ini yang membuat siapapun lewat di depannya seolah tak sabar ingin segera mencicipinya. Setelah menikmati mangut lele yang pedas, keringat Anda akan bercucuran. Tentu akan sangat pas jika diredam menggunakan segelas es teh manis. Hal ini membuat orang yang menyantapnya kembali segar dan bersemangat melakukan aktivitas.

Jika tertarik mencicipi mangut lele Jogja yang otentik, maka bisa berkunjung ke daerah Bantul, Jogjakarta. Ada cukup banyak warung yang menyediakan mangut lele di sepanjang jalan raya Bantul yang bisa Anda kunjungi.

© Copyright 2022 - Asumsi Publik - Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini