Breaking News

Putin Ingin Akhiri Perang Ukraina: Lebih Cepat Lebih Baik

Presiden Rusia Vladimir Putin.
Presiden Rusia Vladimir Putin.

INTERNASIONAL - Perang Rusia - Ukraina belum juga menunjukkan tanda-tanda akan berakhir. Namun, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa Rusia bermaksud untuk mengakhiri pertempuran di Ukraina dengan cepat.

"Tujuan kami adalah untuk mengakhiri konflik ini. Kami berjuang untuk ini. Kami akan berusaha memastikan semuanya berakhir, dan lebih cepat, lebih baik," imbuh pemimpin Rusia kepada awak media, Jum'at (23/12/2022).

"Semua konflik berakhir, dengan satu atau lain cara, lewat pembicaraan. Semakin cepat musuh kami (di Kyiv) memahaminya, akan semakin baik," kata Putin.

Dalam beberapa bulan terakhir, para pejabat di Moskow telah berulang kali mengatakan bahwa mereka tidak mengesampingkan pembicaraan dengan Ukraina. Mereka menyalahkan penutupan saluran diplomatik ke Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, yang telah mengatakan dia tidak akan bernegosiasi selama Putin berkuasa.

Pemimpin Ukraina itu baru saja melakukan kunjungan bersejarah ke Washington, di mana dia menikmati sambutan bak pahlawan. Saat berpidato di Kongres Amerika Serikat pada hari Rabu (21/12) waktu setempat, Zelensky juga bersumpah bahwa negaranya tidak akan pernah menyerah kepada Rusia.

"Merupakan kehormatan besar bagi saya untuk berada di Kongres AS dan berbicara kepada Anda dan semua orang Amerika. Atas semua skenario kesengsaraan dan kesuraman, Ukraina tidak jatuh," kata Zelensky, disambut tepuk tangan meriah dari anggota parlemen.

"Kami mengalahkan Rusia dalam pertempuran memperebutkan pikiran dunia," ujarnya.

Dalam kunjungan Zelensky tersebut, Presiden Joe Biden menyampaikan tentang bantuan pasokan militer senilai hampir US$1,8 miliar, termasuk untuk pertama kalinya, sistem pertahanan rudal Patriot.

Putin pun memperingatkan hal ini dapat semakin memperkeruh konflik. "Mereka yang menentang kami mengatakan ini adalah senjata pertahanan. Akan selalu ada penawarnya," cetus Putin.

"Orang-orang yang melakukan ini melakukannya dengan sia-sia. Itu hanya memperpanjang konflik, itu saja," katanya kepada wartawan. (*)

=====

Baca Berita dan Artikel pilihan dari kami di Google News! Jangan lupa klik tanda Bintang (Follow) di halaman Google News kami untuk mendapatkan notifikasi Berita dan Artikel menarik lainnya, Terimakasih.

© Copyright 2022 - Asumsi Publik - Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini