Breaking News

Syarat dan Cara Daftar PPPK Tenaga Teknis 2022, Cek Disini!

Pendaftaran seleksi PPPK Tenaga Teknis 2022 telah dibuka. Diketahui bahwa seleksi PPPK 2022 sendiri mulai dibuka pada hari Rabu (21/12/2022).
Pendaftaran seleksi PPPK Tenaga Teknis 2022 telah dibuka. Diketahui bahwa seleksi PPPK 2022 sendiri mulai dibuka pada hari Rabu (21/12/2022).

PEMERINTAH - Pendaftaran seleksi PPPK Tenaga Teknis 2022 telah dibuka. Diketahui bahwa seleksi PPPK 2022 sendiri mulai dibuka pada hari Rabu (21/12/2022) dan akan berlangsung hingga Januari 2023.

Hal ini sebagaimana diatur dalam Surat Badan Kepegawaian Negara, Nomor 43066/B-KS.04.01/SD/K/2022 tentang Jadwal Pelaksanaan Seleksi Penerimaan PPPK Tenaga Teknis Tahun 2022.

Adapun untuk mengikuti seleksi PPPK 2022, pelamar harus memenuhi beberapa syarat pendaftaran. Syarat daftar PPPK sendiri terdiri dari persyaratan umum dan persyaratan khusus.

Persyaratan umum berlaku untuk seluruh formasi dalam seleksi PPPK 2022, sementara persyaratan khusus merupakan syarat tambahan yang ditetapkan sesuai formasi yang dipilih oleh pelamar.

Persyaratan Umum Seleksi PPPK

Persyaratan umum seleksi PPPK 2022 diatur melalui Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 2021 tentang Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja untuk Jabatan Fungsional.

Berikut ini beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi untuk mengikuti seleksi PPPK 2022:

  • Usia paling rendah 20 (dua puluh) tahun dan paling tinggi 1 (satu) tahun sebelum batas usia tertentu pada jabatan yang akan dilamar sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan
  • Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih
  • Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil, PPPK, Prajurit Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta
  • Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis
  • Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan
  • Memiliki kompetensi yang dibuktikan dengan sertifikasi keahlian tertentu yang masih berlaku dari lembaga profesi yang berwenang untuk jabatan yang mempersyaratkan
  • Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar
  • Persyaratan lain sesuai kebutuhan jabatan yang ditetapkan oleh PPPK.

Cara Daftar PPPK Tenaga Teknis

Pendaftaran PPPK tenaga teknis akan dilakukan melalui portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) BKN, https://sscasn.bkn.go.id. Calon peserta bisa langsung masuk ke laman tersebut.

Nantinya, calon peserta seleksi PPPK teknis harus membuat akun dan melengkapi informasi-informasi yang dibutuhkan. Terkait dengan formasi seleksi PPPK tenaga teknis tahun ini, diumumkan oleh masing-masing instansi, sehingga calon peserta seleksi diimbau untuk membaca pengumuman seleksi penerimaan PPPK tenaga teknis pada instansi yang akan dilamar.

Calon peserta dapat mengecek formasi yang tersedia dalam seleksi PPPK tenaga teknis 2022 dengan mengakses portal sscasn.bkn.go.id di menu layanan informasi.

=====

Baca Berita dan Artikel pilihan dari kami di Google News !
Jangan lupa klik tanda Bintang (Follow) di halaman Google News kami untuk mendapatkan notifikasi Berita dan Artikel menarik lainnya, Terimakasih.

© Copyright 2022 - Asumsi Publik - Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini