Breaking News

HUDA Peudada Gelar Kegiatan Tajhiz Manyit, Berikut Pesan Camat Setelah Acara Selesai.!

BIREUEN. Pengurus Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA) Kecamatan Peudada Bireuen, Rabu (15/03/2023) menggelar pelatihan tajhiz manyit, kegiatan ini diikuti puluhan peserta dari Ibu-ibu Kader TP - PKK Gampong yang berlangsung  di aula Kantor Camat Peudada, Bireuen. 

Panitia pelaksana kegiatan Tgk Haryadi SH.I MPd kepada Media asumsipublik.id mengatakan, pelatihan diikuti peserta dari 52 Gampong, para peserta adalah perwakilan dari masing-masing Gampong, setiap Gampong diundang 2 orang. 

Ditambahkan, pelatihan menghadirkan dua orang tutor atau pemateri  yang sangat memahami bidang tersebut yaitu Tgk  Rusli Ismail S.Pd.I yang juga ketua HUDA Kecamatan Peudada serta Tgk  Sunardi yang turut didampingi oleh Tgk Haryadi SH.I, M.Pd.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Camat Peudada Erry Seprinaldi, S.STP, Sos, M.Si yang Turut didampingi Oleh Ketua TP-PKK Kecamatan Ny Ida Arini, S.Ked.

 

Tujuan pelatihan, kata Tgk Haryadi antara lain untuk menyamakan persepsi bagi masyarakat dan generasi muda/mudi kedepan tentang proses memandikan jenazah dan hal-hal lainnya yang perlu dipelajari dalam pelaksaan kegiatan tersebut.

Selain itu yang sangat penting katanya, mendidik dan melatih generasi kedepan agar lebih terarah, baik melalui pengajian, maupun kegiatan yang diselenggarakan oleh kader disetiap Gampong Masing-masing. 

Disisi lain, untuk Lebih memahami fardhu kifayah atau tajhiz manyit kita harapkan yang hadir hari ini dapat bisa menjadi pengarah untuk menyamakan persepsi terutama dalam kalangan wilayah Taslim kita masing-masing. Ujar Pengurus Huda Peudada Tgk Rusli Ismail.

Dalam pelatihan selama satu hari tersebut diharapkan peserta pelatihan mengetahui cara mengurus orang meninggal dan juga dapat menjadi generasi penerus.

Diakhir acara Camat Peudada mengapresiasi Pengurus Huda Peudada yang begitu siap dan sigap dalam membimbing dan mengarahkan ibu-ibu kader PKK dengan begitu semangat dalam mengikuti kegiatan Pelatihan Tajhiz Manyit.

Selain itu, Camat juga sangat mengharapkan generasi muda/mudi kedepan dimana saja agar bisa untuk memahami kembali dengan baik tentang  tajhiz manyit dan dapat melakukan sebaik mungkin serta memiliki keseragaman cara dalam mengurus jenazah.

Harapan lain setelah acara ini selesai jangan sampai digampong nanti tidak ada orang yang bisa memandikan jenazah. Pungkas Erry Camat Peudada. [*]

© Copyright 2022 - Asumsi Publik - Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini