Breaking News

Ratusan Nelayan di Bireuen Ikuti Diklat Pemberdayaan Masyarakat [DPM]

BIREUEN. Ratusan nelayan Aceh Bireuen, mengikuti Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) yang diselenggarakan Politeknik Pelayaran Malahayati, bekerjasama dengan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Bireuen, Dinas Perhubungan Bireuen, dan para Panglima Laot di Aceh Bireuen yang diselenggarakan di Gedung Aula sekdakab Lama Bireuen, Senin 13-18 Maret 2023.

Kasubag Administrasi Akademik  dan ketarunaa Politeknik Pelayaran Malahayati,  Bapak Yohan Wibisono, M. Pd, mengatakan ke media asumsipublik.id ini, Diklat Pemberdayaan Masyarakat sangat penting dilaksanakan untuk meningkatkan kompetensi dan keselamatan nelayan saat melaut. 
Sementara itu, Ir. Taharuddin, ST,MT dari politeknik pelayaran malahayati, mengatakan dalam kegiatan ini peserta dibekali cara menggunakan peta dan kompas untuk mengetahui batas wilayah negara saat melaut. 

Selain itu dibekali cara menggunakan alat keselamatan kerja, menggunakan alat pemadam kebakaran saat kapal terbakar. 
Kemudian menggunakan alat jika mereka hilang kontak di laut, mereka bisa melepaskan obor ke angkasa pada malam hari.

"Kemudian juga kita ajarkan cara bertahan hidup di air dan tidak boleh melompat ke laut. Karena, saat melompat ke laut kaki dan tangan seperti cermin di laut yang rawan dimangsa predator laut," ungkap Taharuddin. 

Intinya, "katanya, kegiatan ini untuk mengajarkan nelayan mampu menggunakan peta, mengetahui batas wilayah negara  serta keselamatan dalam pelayaran. 

"Pemilik boat, atau pekerja, dan tekong boat harus memahami persyaratan yang ditetapkan pihak Syahbandar. Baik itu mulai dari pembuatan kapal, harus diukur dan didaftarkan ke Syahbandar untuk memperoleh GT. Selain itu, agar nama-nama boat terdaftar di panglima laot untuk memudahkan mendapatkan bantuan dari pemerintah seperti,  bantuan minyak bersubsidi, " cetusnya. 

Sementara itu, Kadis Perhubungan Bireuen  mengaku sangat mendukung kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan dan keselamatan nelayan dalam melaut nantinya.[Heri*]
© Copyright 2022 - Asumsi Publik - Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini