Breaking News

Pj.Bupati Bireuen Gelar Silaturrahmi dengan Keuchik, Imum Mukim dan Imum Syik Mesjid, Berikut Ulasannya !

BIREUEN | Penjabat (Pj) Bupati Bireuen Provinsi Aceh,  Aulia Sofyan, silaturahmi dengan Para Keuchik, Imum Mukim dan Imum Syik Mesjid dari lima kecamatan di kabupaten Bireuen, yang berlangsung di Aula Dinas Kesehatan Setempat, Selasa 25 Juli 2023.

Turut hadir Asisten I Setdakab, Mulyadi, Camat, Keuchik, Imum Mukim dan Imum Syik Mesjid dari lima Kecamatan yaitu Jeumpa, Juli, Kota Juang, Kuala dan Kecamatan Peudada.

Pj Bupati Bireuen, Aulia Sofyan menyampaikan, tahun 2023 ini merupakan salah satu tahapan politik yaitu tahapan pemilihan umum (Pemilu) sebagaimana sudah berjalan, dan kita harapkan dukungan dari semua keuchik, imum mukim serta Tokoh Masyarakat lainnya, agar nanti tahapan pemilu kedepan dapat berjalan lancar dan sukses.

Aulia Sofyan juga menambahka, terkait bimbingan teknis (Bimtek), keuchik selama ini kita mengambil kebijakan bersama Kejati, tidak boleh lagi melaksanakannya di luar daerah. "Bimtek boleh digelar tapi di kecamatan atau Kabupaten Bireuen," kata Aulia Sofyan.

Untuk menyikapi tidak adanya Bimtek, Aulia Sofyan PJ Bupati Bireuen mengarahkan agar dapat meningkatkan kapasitas diri, baik bagi keuchik, perangkat gampong yang belum kuliah, nanti bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, itu anggarannya bisa kita bantu dari kabupaten dan juga dengan Dana Desa, apalagi pemerintah kabupaten Bireuen ini sudah MoU dengan Universitas Almuslim dan IAI Almuslim Bireuen Aceh.

"Tindak lanjut hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Bireuen, sudah siap bekerjasama dengan Universitas Almuslim Peusangan dan Institut Agama Islam (IAI) Almuslim Aceh. bagi yang belum S1, nanti bisa melanjutkan kuliah, dibiayai dari dana desa, ini merupakan sesuai dengan harapan Presiden Jokowi," ujar Aulia Sofyan.

Kemudian, terkait Training Kader Dakwah (TKD) yang dilaksanakan di gampong-gampong di Bireuen sekarang, ini adalah program Pemerintah Kabupaten Bireuen yang didukung oleh Gubernur Aceh dan bekerjasama dengan Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA) Bireuen, dalam hal ini ada Ayah SOP Jeunieb dalam pembinaan kegiatan tersebut.

Program TKD ini terus dipantau oleh Gubernur Aceh, dan diharapkan dapat menjadi contoh bagi daerah lain.  "TKD ini sudah mulai dilaksanakan dan bisa selesai di bulan November 2023," katanya.

Menurutnya, melalui program kader dakwah ini diharapkan bisa kembali ke jalan yang benar, seperti adanya kenakalan remaja yang telah terpengaruh dengan narkoba, mudah-mudahan bisa menyadari dirinya dan tidak mengulangi perbuatannya sebagaimana sebelumnya ia jalani.

Dikatakan terakhir, terkait izin, Aulia Sofyan, dalam waktu dekat ini, tim akan turun ke Bireuen dengan tujuan untuk menertibkan sarang burung walet yang tidak ada izin, kalau misalnya kita dapat langsung kita pasang polis Lane, Ucapnya".

Saat ini Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sarang walet sangat rendah Rp 50 juta/tahun. Ada apa sebenarnya? Itu kita harus benar-benar kita tindak lanjut.

“Aulia Sofyan Juga menambahkan, dan meminta Kenapa Seluruh yang hadir hari ini, untuk menyampaikan langsung aspirasi atau unek-unek masing-masing, kritik dan saran, kita hari ini khusus membuat pertemuan langsung untuk mengetahui yang sebenarnya, jangan kita dengar laporan camat saja. Selain itu, Para Camat juga diminta dapat segera mendata jumlah sarang walet di kecamatan masing-masing, bagi yang tidak memiliki izin, nanti langsung di segel sebagaimana tindakan sebelumnya” tegas Aulia Sofyan.[Red]

© Copyright 2022 - Asumsi Publik - Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini