Breaking News

KPU RI : Hari Yang Sama, Besok Kamis Dua Paslon Presiden dan Wakil Presiden Siap Daftarkan diri Jadi Peserta Pemilu 2024

Foto. Anis & Cek Imin (Kiri), Ganjar & Mahfud (Kanan)

JAKARTAKomisi Pemilihan Umum (KPU) mengatakan partai pengusung pasangan bakal capres-cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD akan mendaftarkan pasangan tersebut besok, Kamis 19 Oktober.

"PDI Perjuangan, PPP, Partai Hanura, dan Partai Perindo di jam 11.00 WIB," kata Komisioner KPU Idham Holik saat dihubungi, Rabu (18/10/23).

Idham menyebut pada hari yang sama, partai pengusung Anies Baswedan bersama Muhaimin Iskandar alias Cak Imin juga akan mendaftarkan diri jadi peserta pasangan calon. Menurutnya, mereka mendaftar pukul 08.00 WIB.

"Jadi dengan demikian di 19 Oktober dua gabungan parpol telah memberitahukan rencana pendaftaran bapaslon presiden-wakil presidennya," katanya.

Anies menjadi bakal capres dari Koalisi Perubahan yang berisi Partai NasDem, PKB, dan PKS. Anies menggandeng Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sebagai cawapres.

Terbaru Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengumumkan Menko Polhukam Mahfud MD sebagai bakal cawapres pendamping Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

"Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, maka calon wakil presiden yang dipilih PDIP yang akan mendampingi Bapak Ganjar Pranowo adalah Bapak Mahfud MD," kata Megawati di Kantor DPP PDIP, Jakarta.

Di sisi lain, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto belum menentukan sosok yang akan menjadi pendampingnya di Pilpres 2024.

Masa pendaftaran calon presiden dan calon wakil presiden untuk Pilpres 2024 dibuka KPU pada 19-25 Oktober 2023.

Setelah itu, KPU akan melakukan verifikasi kelengkapan dan kebenaran dokumen administratif pada 19-28 Oktober 2023.

Penetapan dan pengumuman pasangan calon peserta pemilu presiden dan wakil presiden akan dilakukan pada 13 November 2023 mendatang. Untuk penetapan nomor urut pasangan calon akan digelar pada 14 November 2023, Tutup Idham.[red]
© Copyright 2022 - Asumsi Publik - Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini