Breaking News

Penemuan Benda Diduga Bahan Peledak Jenis Mortir di Desa Kuala Raja Bireuen

BIREUEN | Masyarakat di Desa Kuala Raja, Kecamatan Kuala, Kabupaten Bireuen, Aceh, digegerkan oleh penemuan satu buah benda yang diduga merupakan bahan peledak jenis mortir pada Minggu, 15 Oktober 2022, sekitar pukul 22.00 WIB.

Kronologis kejadian penemuan benda yang diduga bahan peledak tersebut ditemukan oleh Zulfanur, seorang nelayan berusia 26 tahun, berawal saat ia sedang menjaring ikan di muara Tempat Pelelangan Ikan (TPI) desa setempat. Ketika Zulfanur menarik jaringnya, ia mendapati jaring tersebut tersangkut oleh benda tersebut. Benda yang sudah dalam keadaan berkarat, kemudian ia melaporkan penemuan tersebut kepada Kopka Faisal Rinaldi, Babinsa Kuala Raja.

Pada pukul 14.30 WIB, Zulfanur melaporkan penemuan benda mencurigakan ini kepada Babinsa Kuala Raja Kopka Faisal Rinaldi, pada pukul 14.45 WIB, laporan ini kemudian disampaikan kepada Polsek Kota Juang.

Pihak Polsek Kota Juang segera merespons laporan tersebut dan bergerak menuju Tempat Kejadian Perkara (TKP). kemudian melaporkan temuan ini kepada Satuan Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Bireuen bersama tim identifikasi untuk melakukan penanganan TKP dan olah TKP.

Pada pukul 16.00 WIB, Tim Opsnal Sat Reskrim dan Tim Identifikasi Polres Bireuen tiba di TKP dan langsung melakukan identifikasi terhadap benda tersebut. Hasil identifikasi sementara menunjukkan bahwa bahan peledak ini diduga masih aktif.

Saat ini, benda yang diduga sebagai bahan peledak jenis mortir masih diamankan di TKP dan menunggu penanganan lebih lanjut oleh Pihak Jibom Polda Aceh untuk dilakukan disposisi. Benda tersebut juga diperkirakan merupakan peninggalan sisa masa konflik Aceh.

Pihak berwenang juga mengingatkan kepada masyarakat untuk selalu waspada dan segera melaporkan temuan benda yang mencurigakan kepada pihak kepolisian terdekat demi menjaga keamanan bersama. guna menghindari terjadinya kejadian yang tidak diinginkan. Keselamatan masyarakat adalah prioritas utama.[red]

© Copyright 2022 - Asumsi Publik - Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini