Breaking News

Milad GAM Ke 47, Bendera Bulan Bintang di Bireuen Tetap Berkibar


BIREUENMemperingati hari Milad Gerakan Aceh Merdeka (GAM) ke-47 tahun, 4 Desember 2023 berlangsung dengan Upatcara pingibaran bendera bulan bintang di Daerah 4 Wilayah Batee Iliek dalam kecamatan Makmur,

Upacara pengibaran bulan bintang dilakukan sekira pukul 07-30 WIB, di lapangan Cot Kreut Kecamatan Makmur Kabupaten Bireuen.

Pantauan media dilakosi sekira pukul 08-12 WIB, terlihat Bendera Bulan Bintang tetap masih berkibar di tiang yang begitu kokoh di pasang para pasukan Eks Kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) Daerah 4 Wilayah Batee Iliek dalam Kecamatan Makmur.

Sejak sang Deklarator Dr. Teungku Hasan Muhammad di Tiro, M.S.,M.A.,LL.D.,Ph.D, mendeklarasikan Angkatan Gerakan Aceh Merdeka (AGAM) pada 4 Desember 1976 di gunung halimon, silih berganti darah pejuang masih mengalir dan mendidih di tubuh para eks pasukan Gerakan Aceh Merdeka sampai detik ini.

Alm Dr. Teungku Hasan Muhammad di Tiro salah satu pendiri Gerakan Aceh Merdeka dan merupakan Wali Nanggroe Aceh Ke-8 Hasan Tiro sosok keturunan ketiga Pahlawan Nasional, yaitu Teungku Chik Di Tiro Muhammad Saman dan Teungku Umar Johan Pahlawan Bersama Cut Nyak Dhien.

Sejak Alm Wali Nanggroe Aceh, Teungku Hasan Muhammad di Tiro mendeklarasikan Gerakan Aceh Merdeka, sejak itulah para pejuang melawankan kezaliman pemerintah Indonesia terhadap bangsa Aceh, Konflik Aceh berkepanjangan para pejuang Aceh banyak yang syahid, maka dengan itu darah pejuang masih mengalir dan mendidih di tubuh eks Pasukan GAM di daerah 4 Batee Iliek.

Saat salah satu awak media dari theatjehnet mencoba menkonfirmasi dengan eks Panglima Gerakan Aceh Merdeka (GAM), Iswadi alias Pang Baneng, terkait pengibaran bendera bulan bintang pada hari peringati Milad GAM ke-47 di Cot Kruet kecamatan Makmur.

Pang Baneng membenarkan, iya benar, kami eks pasukan GAM telah mengibarkan Bendera Bulan Bintang, Pengibaran bendera bulan bintang kami lakukan pada milad GAM Ke-47 ini, semata mata bertujuan untuk mengenang sejarah perjuangan Aceh Merdeka yang telah menempuh jalur Perdamaian, kami eks Kombatan GAM meminta pemerintah pusat dan Aceh untuk segera menyelesaikan butir-butir MoU Helsinki yang berkaitan dengan Bendera Bulan Bintang dan Himne Aceh,tegas Pang Baneng.[Ms/Red]

© Copyright 2022 - Asumsi Publik - Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini