Breaking News

Pj Bupati Bireuen Aulia Sofyan: Ranwal RPJPD Tahun 2025-2045 Instrumen Dasar Pembangunan Daerah

BIREUENPj Bupati Bireuen Aulia Sofyan, Ph. D buka Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal (FKP Ranwal) Dokumen Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Bireuen 2025-2045.

Kegiatan ini bertempat di Aula Wisma Bireuen Jaya, Kecamatan kota Juang, Kabupaten Bireuen, Rabu (13/12/2023).

Di hadapan peserta yang dihadiri sekitar 200 orang, Pj Bupati Aulia Sofyan mengatakan bahwa RPJPD merupakan salah satu bagian penting dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Fungsinya, yakni sebagai instrumen untuk memberikan pedoman dalam pelaksanaan pembangunan daerah selama 20 tahun ke depan.

Selain itu, Aulia Sofyan juga menjelaskan, forum tersebut sebagai media konsultasi publik.

Pj Bupati, Aulia Sofyan, memberi arahan saat membuka Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal (FKP Ranwal) Dokumen Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Bireuen tahun 2025-2045 di Aula Wisma Bireuen Jaya, Kecamatan kota Juang, Rabu (13/12/2023).

Para pemangku kepentingan dapat secara aktif mengikuti dan memberikan saran dan masukan konstruktif terhadap konsep perencanaan pembangunan yang disusun.

Pelaksanaan FKP Ranwal RPJPD Kabupaten Bireuen merupakan agenda strategis dalam rangka penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap permasalahan, isu strategis daerah, visi dan misi daerah, arah kebijakan serta sasaran yang telah dirumuskan dalam rancangan awal RPJMD,” kata Aulia Sofyan.

Dia pun berharap pihak provinsi maupun kabupaten serta SKPD terlibat aktif dalam setiap tahapan proses penyusunan.

“Dokumen RPJPD dapat menjadi dasar dalam pemilihan program pada penyusunan perencanaan jangka menengah (setiap lima tahun) dan jangka pendek (setiap satu tahun) dari SKPD,” imbuhnya.

Ratusan peserta FKP Ranwal ini terdiri dari para staf ahli dan asisten, Kepala SKPD lingkungan Pemkab Bireuen, perusahaan daerah, perguruan tinggi, akademisi dan organisasi kemasyarakatan.

“Narasumber dalam pergelaranbacara tersebut terdiri dari Kepala Bappeda Bireuen, Bob Mizwar, S.STP, M.Si, Tenaga Ahli Bappeda Aceh, DR. Yanis Rinaldi, SH, M.Hum dan Ditjen Bangda Kemendagri, Devita Novianti,” sebutnya.

Andri Saputra menambahkan, agenda Forum konsultasi publik RPJPD adalah membahas Visi dan Misi, Arah Kebijakan dan sasaran pokok Pembangunan Kabupaten Bireuen tahun 2025-2045. "Serta masukan dan saran dirangkum dalam berita acara kesepakatan sebagai bahan penyempurnaan dokumen ranwal RPJPD Kabupaten Bireuen tahun 2025-2045,” tutupnya.[red]

© Copyright 2022 - Asumsi Publik - Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini