Breaking News

Tingkatkan Keterampilan, Kader PKK dari 52 Gampong di Peudada Ikuti Pelatihan Handcraft,

BIREUENMeningkatkan ketrampilan para kader, Tim Penggerak PKK Kecamatan Peudada menggelar pelatihan Home Industri Handcraft. Untuk Narasumber dalam pelatihan ini yaitu ibu Persit Ny. Rena Rozanna (Istri Letda Inf.Feri Yanto, Danramil 04 Peudada) terkait bagaimana kita tingkatkan semangat dalam mengembangkan hasil keryanya bisa disebut "handcraft", yang berlangsung di Aula Kantor Camat Peudada, Rabu (28/2/204).

Pelatihan handcraft ini dibuka langsung oleh Ketua PKK Kecamatan Peudada Ny Ida Arini, S.Ked, sedangkan Ibu Persit sebagai Narasumber disini, turut mengajak semua kader agar bisa memanfaatkan waktunya untuk mengembangkan program-program yang berkaitan dengan kemajuan skill dan seni yang dimiliki oleh seseorang. Dilalain sisi, Peserta juga langsung diajak praktek dengan membuat beragam kerajinan tangan. Mulai dari menjahit dan merajut (smock) kain perca menjadi taplak meja, tudung makan dan tempat tisue. 

Untuk Peserta dalam pelatihan handcraft tersebut, Camat Erry Seprinaldi, S.STP, S.Sos, M.Si saat dikonfirmasi oleh media, disetiap Gampong  diundangkan dua orang yaitu Ketua PKK dan Ketua Pokja II, mengingat kegiatan tersebut termasuk dalam salah satu kelompok PKK Pokja II, disini perlu kita tegaskan, hari ini tidak sepenuhnya kita praktekkan, melainkan lebih kepada materi bagaimana kita mengembangkan program tersebut agar dimasing-masing desa melahirkan karya dan kerajinan dari kadernya sendiri.

Mereka tampak menyimak dan mengikuti bagaimana cara menciptakan sebuah usaha dengan membuat karya seni yang bisa menggenjot ekonomi. Berdasarkan tinjauannya nampak antusias semangat kader mulai dari membuat kipas, taruh bunga di jilbab, tempat untuk taruh stoples kue, semua tampak antusias, dan masih banyak karya seni lainnya yang bisa kita kembangkan dikemudian hari. Ucap Camat Erry.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Ny Ida Arini, S.Ked, mengatakan pelatihan ini sebagai upaya PKK di setiap Gampong dalam Kecamatan Peudada ini dapat menunjukkan hasilnya dalam hal meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga, sekaligus mendukung pengembangan usaha industri kecil di Kabupaten Bireuen.

Lebih lanjut, Ketua PKK Kecamatan juga menjelaskan sekaligus menyarankan, pelatihan ketrampilan sangat penting, khusus bagi kaum ibu-ibu atau Remaja. Dengan banyak ilmu salah satunya pelatihan handcraft ini bisa membantu meningkatkan ekonomi keluarga dengan jalan mengembangkan sebagai usaha kecil. Misalkan, saat ada acara temu kader, ibu-ibu bisa menjual ke sesama ibu-ibu. Sehingga PKK ini tak lagi, hanya kumpulan arisan ibu-ibu, tetapi sudah lebih bermanfaat dan memiliki ketrampilan yang patut dibanggakan,” kata Ny Ida Arini.

Camat Erry juga mendukung penuh program pelatihan ketrampilan ini, dikarenakan program ini merupakan landasan utama bagi kader perempuan khususnya PKK untuk semangat dalam hal pengembangan industri kecil. “Ini juga hasil usulan dari bawah makanya kami akan terus dorong kegiatan ini agar mereka semangat. Kami pun siap bersinergi dengan SKPD untuk pemasaran hasilnya bila hasil kegiatan ini berhasil tampil dipublik,” pungkasnya.[red*]

© Copyright 2022 - Asumsi Publik - Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini