Breaking News

Camat Erry Lantik Tuha Peut Mukim Blang Birah Peudada, "Jaga Adat Istiadat Sesuai Dengan Syari'at"


BIREUEN | Pj.Bupati Bireuen yang diwakili oleh Camat Peudada Erry Seprinaldi, S.STP, S.Sos, M.Si melantik dan mengambil sumpah anggota tuha peut Mukim Blang Birah masa kerja 2023-2028, di Aula kantor Camat Peudada Jum'at, (19/4/2024) siang.

Mereka yang dilantik adalah, Tgk.Abdul Mutaleb sebagai peutuha tuha peut, Ir Hurriman, ST sebagai keurani tuha peut, Drs. Imran, Mursal, S.Hum dan Nasruddin masing-masing dengan jabatan sebagai anggota.

Camat Peudada, Erry Seprinaldy, dalam sambutannya menjelaskan bahwa setelah dilantik hari ini Tuha Peut Mukim sudah bisa bekerja sesuai  tupoksi masing-masing, Lembaga mukim dan tuha peut hanya ada di Aceh, khusus. Jadi dengan adanya lembaga khusus ini mari kita manfaatkan sebaik mungkin untuk memajukan wilayah.

“Selain itu, Aceh juga punya kelebihan dan keistimewaan lainnya, maka keistimewaan ini mari kita syukuri, kita jalankan sesuai aturan,” katanya.

Adapun Tugas Tuha Peut Mukim kata Camat, diantaranya adalah membuat qanun tingkat kemukiman, seperti membuat qanun tentang hewan peliharaan, ternak dan kegiatan lainnya yang berkaitan dengan adat istiadat kewilyahan. Hal ini dinilai penting agar masyarakat tidak lebih mandiri dengan peraturan adat dalam satu wilayah tertentu. Tidak terlepas juga dengan aturan pemerintah.

“ditinjau dari segi tugas mukim, maka harapan camat Imum mukim bersama Peutuhapeut mukim harus bersinergi mengupayakan adanya aturan yang mengikat dalam satu wilayah, jangan ada yang mengganggu kenyamanan bersama, paling tidak aturan yang lahir dari lembaga mukim bisa teradopsi dengan aturan pemerintah dalam setiap Desa,” sebutnya.

Ditambahkan juga, Kepada Imum Mukim dan Peutuha Peut Mukim, Camat berpesan agar menghidupkan adat istiadat yang sesuai dengan syariat. “Mate aneuk meupat jrat, mate adat pat tamita,” katanya. Terlebih juga beberapa bulan yang lalu Imum mukim Blang Birah baru menerima SK Hutan Adat dari Presiden RI Joko Widodo, yang diundang langsung ke Jakarta. Tuhapeut yang dilantik hari ini bisa untuk bersinergi bersama imum mukim dalam hal memelihara hutan, itu juga salah satu sinergi kinerja yang bisa menjaga adat istiadat dalam wilayah. Ucapnya.

Pelantikan dan pengambilan sumpah Tuha Peut Mukim Blang Birah Peudada turut dihadiri Imum Mukim Blang Birah, Seluruh Keuchik dalam Kemukiman Blang Birah, Polsek Peudada Iptu. M.Nazarullah, SH. Danramil 04 Peudada Abdul Hakim, kepala Kantor Urusan Agama dan Tgk Imum Gampong dalam wilayah Kemukiman Blang Birah Peudada tersebut.[*]

© Copyright 2022 - Asumsi Publik - Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini