Breaking News

Tuntas Salurkan Zakat Fitrah, Warga Gampong Meunasah Blang Bireuen Sambut Idul Fitri 1445 H

Foto. Suasana Pembagian Zakat Fitrah di Gampong Mns Blang Bireuen, 1445 H - 2024 M, (09/04/24) Rabu Malam

BIREUEN | Seperti agenda pada tahun-tahun sebelumnya, Pemerintah Gampong Meunasah Blang Bireuen selalu menyalurkan zakat fitrah melalui Panitia Zakat Fitrah. Setelah kegiatan pengumpulan zakat fitrah dari para muzaki selama 5 hari, sebelum berakhirnya puasa, sekaligus dilaksanakan pembagian zakat fitrah kepada kaum fakir miskin di wilayah Gampong setempat sebelum menjelang shalat Idul Fitri tiba.

Dari kegiatan ini, diharapkan kesadaran warga masyarakat khususnya kaum muslimin Gampong Meunasah Blang Bireuen semakin meningkat dalam menunaikan kewajiban mengeluarkan zakat fitrah. Panitia berharap ditahun-tahun berikutnya jumlah muzaki terus bertambah sehingga semakin banyak fakir miskin Gampong Meunasah Blang Bireuen yang menerima manfaat dari zakat fitrah ini.

Zakat yang kita keluarkan, merupakan wujud terima kasih atas segala nikmat yang telah diberikan Allah SWT dalam hidup. Oleh karena itu, salah satu manfaat zakat adalah mampu mensucikan harta yang kita miliki sehingga membawa barokah dalam hidup.

Jangan dikira bahwa di balik tumpukan harta kita tidak terdapat hak orang lain, khususnya hak fakir-miskin dan anak yatim piatu. Berzakat adalah bagian dari menjalankan rukun Islam dan proses pensucian harta. Berbagi nikmat dalam bentuk zakat akan mampu mendatangkan nikmat lainnya. 

Ibarat sebuah gelas yang berisi air penuh, gelas tersebut tidak akan diisi lagi bila air di dalamnya tidak dituang ke tempat lain. Itulah salah satu manfaat zakat yang berlaku bagi umat Islam yang telah memenuhi syarat, Tutup Keuchik Baihaki.[*]
© Copyright 2022 - Asumsi Publik - Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini