Breaking News

Kapolsek Gandapura Bersama Muspika Saksikan Pemasangan Tapal Batas Desa Cot Manee dan Mon Keulayu

BIREUEN | Telah dilaksanakan kegiatan pemasangan atau penetapan tanda batas gampong oleh pihak Pemerintahan Gampong setempat di Desa Cot Manee dan Mon Keulayu, Kec. Gandapura. Kegiatan tersebut disaksikan oleh Muspika sebagai tindak lanjut dari penyelesaian tapal batas desa di wilayah Kemukiman Gandapura Barat. Sabtu (18/05/2024).

Acara tersebut turut dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Camat, Kapolsek, Danramil 08 Gandapura / mewakili, Kasi Pemerintahan Kec. Gandapura, Kanit Reskrim Polsek Gandapura, Kanit Intelkam Polsek Gandapura, Keuchik beserta perangkat Gampong Cot Manee, Keuchik beserta perangkat Gampong Mon Keulayu, Mukim Gandapura Barat, masyarakat setempat.

Kapolsek Gandapura AKP M. Tahar mengatatakan Kegiatan tersebut melibatkan dua desa, yaitu Desa Mon Keulayu dan Desa Cot Manee, dengan total tiga titik pemasangan atau penetapan tanda batas gampong. Selama kegiatan berlangsung, dilakukan pengamanan dan pemantauan oleh personil Polsek Gandapura dan Koramil 08 Gandapura, sehingga situasi dapat terkendali dan aman.

Kapolsek menambahkan Meskipun demikian, terdapat beberapa desa yang mempermasalahkan batas wilayah pesisir di Kemukiman Gandapura Barat, antara lain Desa Mon Keulayu, Desa Samuti Krueng, Desa Cot Manee, Desa Lhok Mambang, Desa Samuti Makmur, dan Desa Blang Rheu Kabupaten Bireuen.

Pemasangan atau penetapan tanda batas gampong tersebut tidak melibatkan pihak tim Penyelesaian Tapal Batas Kabupaten Bireuen, sehingga berpotensi menimbulkan konflik baru dengan desa-desa lain yang berdekatan. Kepolisian Sektor Gandapura menghimbau agar seluruh masyarakat dapat menahan diri, bersabar, dan tidak terprovokasi oleh pihak lain yang dapat mengganggu harkamtibmas di wilayah Kecamatan Gandapura.

AKP M. Tahar juga berharap kepada pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Bireuen agar dapat segera menyelesaikan permasalahan tapal batas desa yang masih belum terselesaikan, guna mencegah potensi konflik sosial di tengah masyarakat.

Kami dari pihak Kepolisian Sektor Gandapura akan terus memantau perkembangan situasi serta mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Kecamatan Gandapura.[*]

© Copyright 2022 - Asumsi Publik - Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini