Breaking News

Polres Bireuen Musnahkan 12 H Ladang Ganja di Pedalaman Jeunieb

BIREUEN | Jajaran Polres Bireuen melalui Satuan Narkoba berhasil mengungkap dan memusnahkan ladang ganja seluas 12 hektar di pedalaman Kecamatan Jeunieb, Bireuen pada Kamis (9/5/2024).

Temuan ladang ganja tersebut bermula dari hasil penyelidikan dan pengembangan dari seorang pelaku berinisial Sg bn A (24), warga Aceh Utara, yang ditangkap pada pertengahan April lalu di kawasan Geudong-geudong, Kota Juang Bireuen.

Kasat Reserse Narkoba Polres Bireuen, AKP Fauzan Zikra STK SIK, mengungkapkan bahwa penemuan ladang ganja tersebut didasarkan pada keterangan awal dari pelaku yang ditangkap sebelumnya.

Tim gabungan yang terdiri dari Satresnarkoba, Sat Intelkam, Sat Samapta, Dokkes, dan Humas, setelah menempuh perjalanan selama 10 jam dengan berjalan kaki, menghadapi berbagai kesulitan seperti jalan terjal dan tidak adanya jaringan telepon. Lokasi hanya dapat diakses dengan menggunakan Jonder traktor roda empat. Akhirnya tim berhasil menemukan ladang ganja di lokasi yang sulit dijangkau.

"Selama tiga hari mencari ladang ganja, kami berhasil memusnahkan 12 hektar ladang yang ditanami ganja terletak di wilayah Kecamatan Jeunieb," ujar AKP Fauzan.

Usaha mencari ladang ganja dengan menempuh jarak ke pedalaman hampir 10 KM, pertamanya menemukan ladang ganja luasnya sekitar 5 hektar. Pohon ganja yang ditemukan memiliki tinggi bervariasi antara 1 hingga 2 meter di lokasi pertama, dan sekitar 20 cm hingga 50 cm di lokasi kedua yang seluas 7 hektar ladang ganja yang sudah dipanen hanya tertinggal pohon ganja yang kecil, jadi ada 12 hektare ladang ganja yang berhasil ditemukan," pungkasnya.

Seluruh barang bukti, termasuk pohon ganja yang dimusnahkan, telah diambil untuk penyelidikan lebih lanjut, sementara sebagian kecil disimpan sebagai sampel. Proses pemusnahan dilakukan dengan mencabut dan membakar pohon ganja di lapangan.

Kapolres Bireuen, AKBP Jatmiko SH MH, menyatakan apresiasi terhadap upaya tim gabungan dalam mengatasi peredaran narkoba di wilayah tersebut."Kami akan terus berupaya keras untuk memberantas peredaran narkoba di Bireuen," tandasnya.

Beliau juga berharap penemuan ini dapat menjadi pukulan telak bagi peredaran narkoba di wilayah Bireuen. Pihak kepolisian juga mengimbau masyarakat untuk terus mendukung upaya pemberantasan narkoba dengan memberikan informasi yang dapat membantu penegakan hukum.[*]

© Copyright 2022 - Asumsi Publik - Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini