Breaking News

Panwaslih Aceh Singkil Ajak Media Mengcounter Berita Hoaks Terkait Pemilu

Sosialisasi pengawasan pemilu serentak dengan sejumlah media di aula Bawaslu setempat, Rabu (23/11/2022).
Sosialisasi pengawasan pemilu serentak dengan sejumlah media di aula Bawaslu setempat, Rabu (23/11/2022).

ACEH SINGKIL - Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh Singkil mengadakan Sosialisasi pengawasan pemilu serentak dengan sejumlah media di aula setempat, Rabu (23/11/2022).


Sosialisasi pengawasan Pemilu dipimpin oleh Koordinator Divisi Pengawasan dan Pencegahan Komisioner Panwaslih Aceh, Singkil Azwar Ramnur didampingi Ketua Sekretariat Arifin dan turut dihadiri anggota Komisioner KIP Aceh Singkil Rahimuddin.

Inti dari sosialisasi tersebut yakni, menyamakan persepsi pengawasan pada Pemilu 2024 mendatang. Polanya juga cenderung diskusi.

"Tugas Panwaslih, Provinsi hingga Bawaslu Pusat melekat pada masa tugas," ujar Azwar.

Sambung Azwar, sementara masyarakat yang partisipatif dalam pemilu, bisa lebih leluasa mengawasinya. Sementara awak media baik itu cetak, online, radio serta televisi, agar terus memberitakan tahapan pemilu, sehingga mampu mengcounter berita hoaks.

"Berita hoaks yang cenderung membawa fitnah dan fiktif dengan cepat diklarifikasi media, sehingga dalam Pemilu media punya peran besar mengedukasi khalayak," tukasnya.


Sementara anggota Komisioner KIP Aceh Singkil, Rahimuddin menyebutkan, selama tahapan pihaknya telah melakukan verifikasi anggota partai politik yang ikut pada Pemilu 2024 mendatang sejak Agustus lalu.

Tahapan lainnya, sebut Rahimuddin, dalam perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), yakni melalui Aplikasi Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc (SIAKBA) sejak 20 hingga 29 November 2022.

"Saat ini ada sebanyak 269 pendaftar PPK di setiap Kecamatan tersebar di Aceh Singkil," sebutnya.

Kemudian Tambahnya lagi, memverifikasi Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan pengguna pemilih sementara. (*)
© Copyright 2022 - Asumsi Publik - Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini