Breaking News

Pukul Bedug, PJ Bupati Bireuen Lepas Pawai Takbiran Keliling "Idul Fitri 1444 H/2023M"

Foto. Pj Bupati Bireuen Aulia Sofyan, Ph.D sedang Bedung Tambo Takbiran di Pendopo Bupati

BIREUEN | Pj Bupati Bireuen Aulia Sofyan, Ph.D  bersama unsur Forkompinda Bireuen melepaskan pawai takbir keliling berjalan kaki di mulai dari halaman Pendopo Bireuen, Jumat malam (21/4/2023).

Pawai takbiran yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bireuen melalui Dinas Syariat Islam (DSI) dalam rangka mengagungkan Asma Allah, sebagaimana anjurannya dalam merayakan dan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriah 2023 Masehi.

Takbiran keliling dengan berjalan kaki, pelepasannya dengan ditandai lantunan takbir pertama dilanjutkan dengan menabuh bedug oleh Pj Bupati Bireuen serta unsur Forkopimda Bireuen.

Sebelum terjadi pelapasan para peserta pawai takbiran keliling, Aulia Sofyan dalam sambutan singkat mengingatkan dan menyampaikan sedikit nasehat, sudah sebulan kita melaksanakan ibadah puasa ramadhan dengan penuh semangat dan kedamaiannya.

Hingga sampailah kepada malam ini yaitu malam kemenangan, malam yang fitrah atau yang lazim kita sebut dengan malam Hari Raya Idul Fitri.

“Malam ini kita telah memasuki malam takbir sangat dianjurkan untuk mengagungkan nama Allah,” sebutnya.

Aulia Sofyan juga mengajak semuanya, baik para peserta Pawai Takbiran maupun masyarakat umum lainnya, Mari kita tingkatkan perayaan hari raya Idul Fitri ini dengan penuh kesederhanaan serta tidak mengurangi nilai dan esensi Idul Fitri itu sendiri.

Pj Bupati Bireuen juga mengajak kembali untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan, tujuan kita malam ini adalah bertakbir membesarkan nama Allah.

Sementara itu, Kepala DSI Bireuen, Anwar. S.Ag., M.A.P, kepada asumsipublik.id menjelaskan peserta takbir keliling ini diikuti ratusan peserta  terdiri dari PNS dan Non PNS dalam Lingkungan Pemkab Bireuen, tidak terkecuali juga turut serta hadir Camat Se-kabupaten Bireuen.

“Semua Peserta Pawai Takbiran keliling dengan berjalan kaki turut memegang dan membawa obor lampu,” jelasnya.

Lintas Rut yang disiapkan bagi peserta Pawai Takbiran Keliling yaitu lintas Jalan Andalas, Jalan Mawar, Jalan Ramai, Jalan Listrik, Jalan Jati, Jalan Kolonel Husen Yusuf, Jalan T Hamzah Bendahara dan finish di halaman Pendopo Bireuen.

“Jarak tempuh bagi para peserta pawai takbiran keliling jalan kaki yang dilaluinya diperkirakan mencapai dua kilometer,” sebut Anwar.

Tampak hadir pada acara pelepasan pawai takbir tersebut, diantaranya Unsur Forkopimda, Staf Ahli, Para Asisten, sejumlah Kepala Dinas, Badan dan Kantor, sejumlah Camat dan para undangan lainnya. [Ir/Red].

© Copyright 2022 - Asumsi Publik - Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini