Breaking News

807 PPPK Lingkungan Pemkab Bireuen di Ambil Sumpah dan Dilantik


BIREUEN | Pj.Bupati Bireuen Aulia Sofyan, Ph.D, diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Bireuen, Ir, Ibrahim Ahmad, M.Si melantik ratusan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bireuen.

Kegiatan itu dilaksanakan di Halaman Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Bireuen, Senin 07 Agustus 2023 pagi.

Pelantikan PPPK tersebut dimulai dengan pengambilan sumpah janji jabatan dan penyerahan secara simbolis Surat Keputusan tentang Pengangkatan PPPK Jabatan Fungsional Tenaga Guru dan Tenaga Kesehatan Tahun 2022 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bireuen Tahun 2023.

Pada kesempatan itu, Ibrahim Ahmad sekda Bireuen membacakan arahan Pj Bupati Bireuen.

Intinya, arahan tersebut dikatakan, penerimaan PPPK ini ibarat wajah lama namun dengan status dan tanggung jawab baru. Wajah lama karena sebelumnya merupakan non-ASN yang sudah pernah mengabdi Kepada Pemkab Bireuen.

“Meskipun wajah lama, namun hari ini memiliki status baru sebagai PPPK, memang bukan PNS namun tetap menjadi bagian dari ASN,” jelasnya.

Dikatakannya, penerimaan PPPK ini sebagai wujud Pemerintah untuk memperhatikan para honorer dan non ASN agar memperoleh kesejahteraan yang seimbang dengan para PNS guru dan tenaga kesehatan.

Ditegaskan kembali, jika wajah lama dan statusnya baru, maka juga harus menjalankan tanggung jawab baru.

Pertama, sebagai ASN harus memiliki pengabdian dan kecintaan akan dasar negara, Pancasila dan NKRI.

Kedua, integritas dan inovatif dalam menjalankan pembelajaran kepada peserta didik.

Disampaikan, ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian dan bersifat instruksi yaitu kepada semua PPPK, akan diserahkan petikan Surat Keputusan Calon Aparatur Sipil Negara berdasarkan waktu yang sudah ditentukan dan dapat segera melaporkan diri ke tempat instansinya bekerja.

“Penempatan harus sesuai dengan formasi kelulusan dan tidak boleh meminta pindah keluar daerah,” tegasnya.

Dikatakannya, sebagai sebuah tim yang besar bernama Pemerintah Kabupaten Bireuen, maka sudah seharusnya saling bersinergi membangun Bireuen yang semakin hebat sesuai peran dan tanggung jawab masing-masing.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Bireuen, Zaldi AP.,S.Sos menyebutkan ada 807 PPPK di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bireuen yang menerima Surat Keputusan Bupati Bireuen.

“Ke 807 PPPK tersebut terdiri dari Tenaga Guru sebanyak 685 orang dan Tenaga Kesehatan sebanyak, 122 orang ,” jelasnya.

Dirincikan, Tenaga Kesehatan Formasi PPPK yang menerima Surat Keputusan Bupati Bireuen sebanyak 122 orang terdiri 29 laki-laki dan 93 perempuan.

Mereka merupakan Ahli Pertama Perawat sebanyak 12 orang, Apoteker sebanyak 6 Orang, Dokter Spesialis Bedah 1 orang, Dokter Spesialis Penyakit Dalam 1 orang, Selanjutnya, Ahli Pertama Dokter sebanyak 8 orang, Dokter Spesialis Anestesiologi dan Terapi Intensif 4 orang, Administrator Kesehatan sebanyak 4 orang, Tenaga Promosi Kesehatan Dan Ilmu Perilaku sebanyak 4 orang dan Ahli Pertama Epidemiolog Kesehatan Sebanyak 6 orang.

Kemudian, Terampil Perawat sebanyak 33 orang, Bidan 10 orang, Asisten Apoteker 14 orang, Perekam Medis 4 orang.

Radiografer 2 orang dan Terampil Teknisi Elektromedis 2 orang, Terampil Fisioterapis 2 orang, Pranata Laboratorium Kesehatan 5 orang, Terapis Gigi dan Mulut 2 orang dan Terampil Sanitarian 2 orang.

Sementara Tenaga Guru Formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja yang menerima Surat Keputusan Bupati Bireuen sebanyak 685 orang terdiri dari 72 orang Laki-laki dan 613 Perempuan.

Mereka merupakan Ahli Pertama Guru Agama Islam sebanyak 54 orang, Guru Bahasa Indonesia 33 orang dan Guru Kelas 529 orang, Guru Matematika sebanyak 1 orang.

Selanjutnya, Ahli Pertama Guru Penjas Orkes 34 orang, Guru Prakarya dan Kewirausahaan 31 orang, Guru Seni Budaya 1 orang. dan Ahli Pertama Guru TIK 2 orang.

Jumlah total penerima Surat Keputusan Bupati Bireuen untuk Tenaga Kesehatan dan Guru Formasi PPPK di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bireuen, berjumlah 807 orang,”sebut Kepala BKPSDM Bireuen ini.[red]

© Copyright 2022 - Asumsi Publik - Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini