Breaking News

Bangkitkan Ekonomi Kreatif Melalui Dana Desa, Camat Erry Seprinaldi Resmikan Sulam Pelaminan Gampong Pulo Ara Peudada

BIREUEN | Sejak digulirkan tahun 2015 lalu, Dana Desa sudah banyak memberi manfaat bagi masyarakat seperti Kabupaten Bireuen Kecamatan Peudada.

Kamis, 05 Oktober 2023, Keuchik Gampong Pulo Ara turut meresmikan Program Inovasi Desa "Pelaminan" yang digelar dimeunasah setempat.

Kegiatan tersebut turut dihadiri dan diresmikan langsung oleh Camat Peudada Erry Seprinaldi, S.STP, S.Sos, M.Si," dalam hal ini menjelaskan, untuk membangun desa tidak saja dengan bidang infrastruktur pembangunan jalan, irigasi, gedung, dan lainnya, bahkan Dana desa selama ini sudah dapat membangkitkan ekonomi kreatif masyarakat," seperti program yang kita resmikan hari ini. 

Ia mencontohkan Desa yang baru-baru ini sudah saya resmikan BUMG Alhilal Gampong Lawang, dan Alhamdulillah tidak lama setelah itu sampai hari ini desa tersebut sudah terlihat hasilnya, programnya pun tepat yaitu "Galian C". sedangkan Program Pengadaan Pelaminan di Gampong Pulo Ara hari ini juga merupakan terobosan baru, isnyaallah program seperti ini bisa dicontoh juga oleh desa-desa lainnya, lagi pula program tersebut bisa dikembangkan dengan sistem sewa. Ujar Camat Erry.

Sementara Keuchik M.Amin Pulo Ara mengatakan, Program Pelaminan ini didanai dengan Dana Desa dimodali anggaran dasar 25 juta.

Selain fisik, fokus kita juga kepada pemberdayaan ekonomi/ekonomi kreatif dikelola Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) yang resmi dilembagakan, sekaligus penambahan modal." Insyaallah Program Sulam Pelaminan ini dikelola langsung oleh BUMG atau Kelompok UP2K TP PKK." Ucap Keuchik.

"Hal tersebut sama halnya dengan harapan Menteri Desa PDTT yang ditegaskan oleh Presiden RI Joko Widodo. Harapan kita juga tahun depan nanti dan seterusnya ekonomi masyarakat dapat semakin kuat berkat adanya dana desa," tutup Keuchik setempat.

Tampak hadir diacara tersebut, Ketua TP PKK Kecamatan, Tuhapeut, Lembaga Imum Gampong, Aparatur Gampong, Kader TP PKK, dan para Undangan lainnya.[red]

© Copyright 2022 - Asumsi Publik - Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini