Breaking News

Tidak Pernah Lelah, Lagi-lagi Peudada Kembali Sabet Juara 3 Festival Tet Kue Kekarah

BIREUEN | Lestarikan budaya Aceh, Dewan Kesenian Aceh (DKA) Kabupaten Bireuen sukses menyelenggarakan Festival Peh Keukarah di halaman pendopo bupati setempat, dan Rapai di Hotel Fajar Bireuen, Sabtu (21/10/2023).

Peserta yang tampil dalam festival tersebut berdasarkan utusan kecamatan masing-masing, namun yang tampil hanya 11 kecamatan ambil bagian untuk menyukseskan kegiatan Festival tersebut.

Tak hanya itu, lomba membuat kue kekarah khas Aceh itu, DKA Bireuen juga menggelar pula Festival Rapa-i di aula Hotel Fajar. Kedua kegiatan tersebut dimaksudkan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kabupaten Biteuen ke-24.

Ketua Panitia Pelaksana, Fauzan, turut menjelaskan, ke-11 utusan pada festival Tet Kue Keukarah terdiri dari Kecamatan Samalanga, Kutablang, Peusangan, Peudada, Gandapura, Kuala, Jangka, Pandrah, Makmur, Kota Juang, dan Peusangan Selatan. Sedangkan enam kecamatan lainnya tidak ikut serta. 

Selain itu, kegiatan itu diharapkan dapat melahirkan regenerasi yang nantinya akan berperan melestarikan budaya Aceh, khususnya Tet Kue keukarah dan Seni Rapa-i", sebelumnya Kita lakukan seleksi umur peserta supaya akan ada regenerasi untuk melestarikan adat-istiadat yang ada di Bireuen kedepan. Untuk peserta keukarah di bawah 45 tahun dan rapa-i 50 tahun ke bawah," Ucap Fauzan.

Peserta yang ikut kedua festival, sambungnya, difasilitasi langsung oleh camat masing-masing. Para juara mendapatkan hadiah uang pembinaan dan piagam penghargaan, selain itu "Juga ada biaya subsidi sebelum mereka tampil, untuk rapa-i sebesar Rp800 ribu dan peh keukarah Rp150 ribu," terang Fauzan.

Secara terpisah, Camat Peudada Erry Seprinaldi salah satu kecamatan yang ikut ambil bagian dalam kegiatan festival itu saat dikonfirmasi oleh media asumsipublik.id, menjelaskan, budaya adat yang ada di Aceh selama ini banyak warga Aceh yang kurang peduli, jadi dengan adanya kegiatan dalam bentuk perlombaan seperti ini, bisa terlihat sejauh mana semangat warga Aceh khususnya dalam hal menjaga adat istiadat dan budaya Aceh.

Alhamdulillah, Peserta dari Kecamatan Peudada kembali memperoleh Juara, anehnya juga, Peudada juga dalam kurun waktu beberapa hari yang lalu kerap juga tampil sebagai juara.

Berikut hasil pengumuman festival tet kue kekarah:

1. Juara Satu kota juang
2. Juara Dua Kutablang
3. Juara Tiga Peudada
4. Juara harapan Satu peusel
5. Juara harapan dua jangka
6. Juara harapan Tiga makmur

Sedangkan Juara Rapa-i yaitu :

1. Juara Satu Kutablang
2. Juara Dua gandapura
3. Juara Tiga jangka
4. Juara harapan Satu Peudada
5. Juara harapan dua Samalanga
6. Juara harapan Tiga Peusel

Untuk juara favorit disabet oleh Kecamatan Juli.

© Copyright 2022 - Asumsi Publik - Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini