Breaking News

Awas Banjir! Waduk Paya Laot Pulo Ara Peudada Status Waspada

Doc. Bendungan Pintu Air Waduk Paya Laot Desa Pulo Ara 
Kec. Peudada Bireuen (21/1/23)

Bireuen. Sejumlah daerah di Aceh diguyur hujan hari ini. Tak terkecuali di Kabupaten Bireuen Umumnya Khususnya di beberapa desa dalam wilayah kecamatan Peudada, salah satunya Pintu air di Waduk Paya Laot Desa Pulo Ara masuk dalam status waspada, Sabtu (21/1/23).

Berdasarkan hasil tinjauan lapangan, Untuk kita ketahui Waduk Paya Laot tersebut terbagi menjadi 3 kategori dalam hal bencana banjir, yakni waspada, siaga, dan awas. Dari yang kita simpulkan tersebut maka yang dikatagorikan dengan "waspada" saat ini air telah sudah melewati tebing pintu air,  "siaga" debit air semakin bertambah dan katagori "awas" persiapan kita untuk menghadapi bencana banjir sebagaimana tanda-tanda sudah terlihat dengan hujan deras yang cukup parah.

Bendungan waduk paya Laot sudah terlihat jelas, bila ini kita biarkan dan kurangnya respon dari pihak terkait terhadap penanganan banjir mungkin bisa berdampak dan berimbas kepada delapan desa dengan dua kemukiman (mukim Alue rheng dan mukim dipaya). Ujar Abi Rusli Ismail Ketua HUDA Peudada sekaligus Tokoh Peudada.

Terpisah, sebelumnya juga telah mengeluarkan statemen peringatan dini tentang cuaca dan keadaan berdasarkan tinjauan lapangan oleh Ir. Hurriman ST juga selaku Tokoh Peudada yang turus memantau keadaan yang sedang terjadi dilapangan. Namun demikian, Potensi hujan deras disertai dengan adanya kilat hingga adanya angin yang tidak stabil diprediksi bakal berlangsung hingga sore ini. Ujar Hurriman.
"Berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin yang tidak seimbang,"

Harapan kepada pemerintah untuk terus menjaga keadaan waduk agar terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan, selain unit juga berharap kepada masyarakat desa sekitar waduk Paya Laot untuk terus memantau dan mewaspadainya. Mudah-mudahan tidak akan terjadi sebagaimana tanda-tanda dilapangan. Tutup Abi Rusli. [*]
© Copyright 2022 - Asumsi Publik - Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini