Breaking News

Pj Bupati Bireuen Aulia Sofyan, PhD Resmi Melantik dan Mengambil Sumpah Sejumlah Pejabat Tinggi Pratama, Berikut Daftarnya !


Bireuen. Pj Bupati Bireuen Aulia Sofyan, PhD telah resmi melantik dan megambil sumpah/janji jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator, Pengawas dan Kepala Unit Palaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bireuen, Selasa (4/2/2023) siang, di Oproom Kantor Pusat Pemerintah Bireuen.

Pelantikan pejabat pimpinan tinggi pratama hari ini telah mendapat rekomendasi dari Ketua Komisioner Aparatur Sipil Negara (KASN), Nomor B4392/JP.00.01/12/2022 tanggal 15 Desember 2022 perihal Rekomendasi Hasil Uji Kompetensi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (PPTP) dalam rangka rotasi atau mutasi dan tetap pada jabatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bireuen.

Selain itu, pengambilsn sumpah jabatan tersebut juga tidak terlepas dengan lahirnya surat dari kementerian dalam Negeri nomor 100.2.2.6/228/SJ tanggal 13 Januari 2023 perihal Persetujuan Pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (PTP) di Lingkungan Pemerintah daerah Kabupaten Bireuen. Ditambah lagi dengan Surat BKN Nomor 1355/B-AK.02.02/SD/K/2023 Tanggal 1 Februari 2023 Perihal Pertimbangan Teknis Pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (PPTP) dan Pejabat Administrator di lingkungan Pemerintah Bireuen.

Pejabat yang dirotasi hari ini terdiri dari 13 pejabat Eselon II,  4 pejabat Eselon III, 2 kepala Puskesmas, 12 pejabat Eselon IV.
Rotasi mutasi jabatan hari ini, membutuhkan energi yang sangat melelahkan, tiga bulan lebih waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan izin persetujuan rotasi jabatan sebagaimana yang sedang kita proses rotasi hari ini. Namun demikian, dari 80 nama lebih yang kami ajukan, yang disetujui hanya 31 nama." Ungkap Aulia.

Berikut pejabat yang dirotasi jabatannya yaitu:
"Ir M Jafar MM sebagai Kepala Dinas Pangan, Kelautan dan Perikanan Bireuen, menggantikan Ir Mukhtar MSi, [sebelumnya  M Jafar menjabat Asisten Perekonomian  dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Bireuen].
Dailami S.Hut sebagai Asisten Perekonomian dan Pembangunan, [sebelumnya, Asisten Administrasi Umum].
Muslim MSi dilantik menjadi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bireuen, [sebelumnya Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Bireuen].
Jabatan Bappeda sekarang di Nahkodai oleh Bob Mizwar SSTP, MSi, [sebelumnya menjabat Kepala Dinas Sosial Bireuen], sedangkan untuk Kepala Dinsos kini diduduki oleh Ismunandar, ST MT, yang sebelumnya sebagai Kadis Perhubungan Bireuen.
Sementara Kadis Perhubungan Bireuen sekarang dijabat oleh Drs Murdani, yang sebelumnya sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Bireuen.
Ir Alie Basyah MSi menjabat sebagai Kadis Lingkungan Hidup dan Kehutanan Bireuen, [sebelumnya Kadis Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM Bireuen].
Untuk posisi yang ditinggalkan oleh Alie Basyah kini diisi oleh Irfan SPd MPd yang sebelumnya menduduki jabatan Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bireuen, yang kini dipegang oleh Drs M. Nasir, M.Pd [sebelumnya dipercaya sebagai Kadis Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Bireuen].
Mantan Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Bireuen Muhammad Almuttaqin SPd MPd kini diamanahkan kembali sebagai Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Bireuen.
Sementara Mawardi SSTP MSi yang sebelumnya menjabat Kadis DPMG Bireuen kini diamanahka jabatan barunya sebagai Kepala Badan Pengelolaan  Keuangan Daerah, menggantikan Zamri SE, yang kini menjabat Asisten Administrasi Umum Setdakab Bireuen.
Sedangkan untuk jabatan Kepala Badan Pemberdayaan  Masyarakat Gampong, Perempuan dan Keluarga Berencana Bireuen dipercaya kepada Ir Mukhtar MSi.

Pj Bupati Bireuen, Aulia Sofyan dalam sambutannya menyebutkan, pengambilan sumpah jabatan  para pejabat hari ini untuk menindaklanjuti hasil evaluasi kinerja, penilaian kualifikasi, test kompetensi dan uji kesesuaian (Job Fit) yang telah diikuti oleh pejabat pimpinan tinggi pratama beberapa waktu bulan yang lalu.

Aulia Sofyan menyebutkan, mungkin dalam rotasi jabatan ini ada pejabat yang tidak puas dan tidak senang dengan posisi yang baru, dalam hal ini ia memohon untuk semua pejabat menahan diri dan pengertiannya, agar pejabat yang menduduki jabatan baru nanti bisa menerima dengan iklas sebagaimana amanat jabatan yang dipegang sebelumnya saat ini.

Acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan mutasi pejabat hari ini, turut dihadiri Kepala Kejaksaan Negeri Bireuen H Munawal Hadi SH MH, Asisten I, Mulyadi SH MH, Kepala Dinas Kepegawaian, Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Bireuen, Zaldi, AP SSos dan Inspektur,  Inspektorat Bireuen Hanafiah SP. [Red*]
© Copyright 2022 - Asumsi Publik - Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini