Breaking News

Musrenbang Kabupaten, PJ Bupati Harapkan Kepada Seluruh SKPA harus Bisa Melobi Program Untuk Kemajuan Bireuen


BIREUEN. Masalah Pembangunan Gedung DPRK Bireuen yang hingga saat ini masih terbengkalai serta pembangunan irigasi Alue Geurutut agar memperpanjang Otsus untuk itu.

“Saya berharap kepada anggota DPRA anggarannya diplotkan untuk pembangunan di Kabupaten Bireuen dan harus diprioritaskan. karena suaranya dari masyarakat Bireuen,” kata Ketua DPRK Bireuen, Rusyidi Mukhtar, dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) kabupaten Bireuen tahun 2023 di Aula Hotel Fajar, Senin 13 maret 2023.

Pj Bupati Bireuen, Aulia Sofyan dalam sambutannya menyampaikan, Kabupaten Bireuen membutuhkan jembatan dengan total anggaran Rp70 miliar, yang dibantu Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) Pusat dan sudah melakukan lobi dari sebelumnya, diusulkan Rp300 miliar.

Diharapkan Rp100 miliar turun ke Kabupaten Bireuen dalam tahun ini untuk jalan dan jembatan.

Dalam kesempatan tersebut, Pj Bupati mengharapkan kepada para kepala dinas agar melobi serta membangun jaringan dengan anggota DPRA, DPR RI dan juga Kementerian.

Musrenbang walaupun satu hari, menurutnya harus digunakan waktunya dengan sebaik-baiknya dan semaksimal mungkin dimana kekurangan pada sebelumnya agar diperbaiki, seperti ada dinas yang uangnya hanya Rp50 juta itu kesalahannya dimana, apakah tidak ikut Musrenbang ataukah tidak ada usulan yang masuk, ini merasa Aneh. Maka harus diminimalisir ketidakadilan tersebut. Anggarannya diberikan sesuai dengan kebutuhan nya masing-masing.

“Kita kesampingkan hal-hal yang bersifat politis dulu. Hari ini, Pak Ruslan M Daud di Komisinya itu sangat menentukan, kita harus melobi beliau, dekati beliau agar anggaran turun ke Bireuen. Bagi kami tidak masalah siapapun pelaksana, siapapun yang memberikan anggaran, yang penting uang masuk ke Kabupaten Bireuen,” tegas Aulia Sofyan.
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bireuen, Bob Mizwar dalam laporannya menyebutkan, Musrenbang ini bertujuan agar mendapatkan masukan untuk menyusun RKPK, sinkronisasi dan prioritas pembangunan yang memerlukan dukungan pendanaan, baik yang itu yang bersumber dari APBK, APBA serta APBN, yang berhasil menetapkan 4.113 usulan prioritas kegiatan dari 609 gampong di 17 kecamatan dalam Kabupaten Bireuen.

Musrenbang kali ini berbeda dengan sebelumnya, kali ini diserahkan penghargaan award kepada SKPK yang memenuhi untuk dua kategori, yaitu proses perencanaan pembangunan tingkat kecamatan dan perencanaan dan pencapaian kerja terbaik se Kabupaten Bireuen.

“Ini sebuah bentuk apresiasi dan upaya untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pelaksanaan musrenbang dan dokumen perencanaan pembangunan daerah. Pemberian tersebut adalah baru pertama kali dilaksanakan sejak berdirinya Kabupaten Bireuen,” pungkas Bob Mizwar. [Heri*]
© Copyright 2022 - Asumsi Publik - Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini