Breaking News

Polres Bireuen Berikan Pelatihan 12 Gerakan Pengaturan Lalu Lintas Kepada Personilnya

BIREUEN | Personil Polres Bireuen terlihat sedang melaksanakan pelatihan 12 gerakan lalu lintas usai melaksanakan apel pagi di Halaman Apel Mapolres Bireuen. untuk mengingat kembali gerakan Gatur lantas pada saat melakukan pengaturan arus lalu lintas bisa berjalan dengan baik dan lancar perlunya ada pelatihan kemampuan secara rutin, Selasa ( 25/07/2023). 

Latihan 12 gerakan dasar tersebut terdiri dari isyarat gerakan menghentikan arus lalu lintas diikuti tiupan satu kali peluit panjang, isyarat gerakan perintah menjalankan arus lalu lintas diikuti dua kali tiupan peluit pendek dan isyarat gerakan percepat atau perlambat arus kendaraan diikuti 3 kali tiupan pendek.

Kapolres Bireuen AKBP Jatmiko S.H.,M.H., melalui Kasie Humas Polres Bireuen Ipda Marzuki mengatakan, 12 gerakan lalu lintas ini bukan hanya harus dikuasai oleh Personil Sat Lantas saja, namun juga seluruh Personil Polri, khususnya Polres Bireuen.

Menurutnya, Pengaturan lalu lintas juga termasuk dalam manajemen lalu lintas yang bertujuan untuk keselamatan, keamanan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas. Pentingnya aba-aba 12 gerakan pengaturan lalu lintas yang disampaikan petugas memiliki tujuan agar arus lalu-lintas lebih tertib meski dalam volume padat.

‘’Sehingga, petugas pengaturan lalu lintas harus dapat menguasai dan mengendalikan arus lalu lintas agar lancar, serta meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas. Untuk itu, latihan ini menjadi penting, karena untuk mengingatkan kembali bagaimana cara bertindak serta memecahkan masalah jika terjadi kemacetan” Jelasnya.[red]

© Copyright 2022 - Asumsi Publik - Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini