Breaking News

Perdana, Pj Bupati Bireuen Serahkan Kunci Bantuan Rumah Layak Huni


BIREUEN | Pejabat (Pj) Bupati Bireuen Dr. Aulia Sofyan Ph.D, Jum’at 11 Agustus 2022, menyerahkan kunci rumah baru kepada Maryadi Syamaun warga Gampong Lipah Rayeuk Kecamatan Jeumpa, dan Ratna Dewi M Taib warga Pulo Nga Kecamatan Kutablang Kabupaten Bireuen.

Rumah pertama yang diserahkan oleh Pj. Bupati Bireuen tersebut dari total 139 rumah yang dibangun oleh Pemkab Bireuen melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Tahun 2023.

Dikatakan, Rumah layak huni yang dibangun selama ini merupakan komitmen Pj. Bupati dalam melaksanakan program nasional dalam Pensasaran, percepatan penghapusan kemiskinan Ekstrim (P3KE) khususnya di Kabupaten Bireuen.

Dalam hal penyerahan kunci perdana penerima  rumah Duafa tersebut, Pj. Bupati turut didampingi Kadis PerKim, Ir. Fadli ST, MSM,, unsur Muspika, Keuchik serta perangkat Desa setempat.

Pj Bupati Aulia Sofyan menyerahkan langsung kunci rumah kepada Maryadi Syamaun yang turut didampingi oleh istri dan anaknya.

“Bantuan rumah tersebut merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk lebih menyejahterakan warga khususnya yang berekonomi lemah serta memiliki rumah yang sudah tidak layak ditempati,” ujar Aulia Sofyan.

Bantuan Satu unit rumah untuk dihuni oleh Maryadi Syamaun (46) yang ditempati bersama istrinya bernama Fatimah (35), Pj. Bupati Bireuen mengharapkan agar rumah tersebut dapat ditempati dengan baik bersama lima anaknya di Dusun timu, Gampong Lipah Rayeuk, Kecamatan Jeumpa, Bireuen tidak layak huni.

Kita harus bersyukur, saya ikut bahagia karena Pak Maryadi kini bisa menempati rumah layak huni, mohon dijaga dan dirawat dengan baik, ini kita bangun dengan uang Rakyat juga, dengan adanya rumah baru ini akan memberikan kehidupan yang lebih baik, ini juga merupakan langkah konkrit Pemkab Bireuen melalui Dinas Perkim untuk membantu masyarakat dan meningkatkan kualitas hidup mereka,” ujar Dr. Aulia Sofyan.

Di tempat yang sama, Kadis Perkim Bireuen Ir Fadli ST mengatakan rumah duafa tersebut dibangun menggunakan dana APBK tahun 2023 yang keseluruhannya berjumlah 109 unit kemudian menggunakan dana Otsus berjumlah 30 unit.

Dari dana APBK 2023 kita membangun baru sebanyak 109 unit dan dari Dana Otsus 30 Unit, per unit kita alokasi 98 juta.

Untuk Pembangunan Rumah kata Ir. Fadli dikerjakan oleh pihak ketiga dengan sistem E Katalog dengan masa kontrak 120 hari.

“Alhamdulillah, hari ini bisa kita resmikan dan penyerahan kunci kepada penerima sebanyak 2 unit, di Kecamatan Jeumpa dan Kutablang, kita mengapresiasi pihak rekanan yang mampu menyelesaikan hanya dalam jangka 70 hari kerja, prinsip kita “lebih cepat lebih baik,” imbuh Ir Fadli.

Kadis Perkim mengungkapkan untuk sisanya akan diresmikan secara bertahap, jika sudah selesai 100 persen akan langsung menyerahkannya kepada penerima agar bisa segera ditempati.

“Target kita, untuk realisasi APBK Murni dan Otsus pada Bulan Oktober selesai semua, karena nantinya ada beberapa unit lagi yang akan dibangun menggunakan APBK Perubahan,” ungkapnya.

Salah satu penerima, Maryadi Syamaun tampak begitu terharu saat menerima kunci rumah dari Bupati. Didampingi sang istri ia mengucapkan terima kasih kepada Pj. Bupati, Kadis Perkim dan Pemkab Bireuen beserta pihak lainnya yang telah membantu dirinya dan keluarga

“Terima kasih kepada bapak-ibu semua yang telah memperhatikan kami, sehingga kini kami bisa memiliki sebuah rumah yang layak huni. Semoga Allah SWT membalas amal dan kemuliaan hati bapak-ibu sekalian,” ujar Maryadi Syamaun.[Red]

© Copyright 2022 - Asumsi Publik - Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini