Breaking News

Pospol Siblah Krueng Hadir Bantu Bersihkan Rumah Warga Pasca Banjir di Desa Pante Karya

BIREUEN|Tingginya intensitas curah hujan, membuat beberapa rumah warga di Desa Pante Karya, Kecamatan Siblah Krueng tergenang banjir bandang dan menyisakan lumpur, Senin (9/10/2023).

Hasil pendataan dan monitoring yang telah dilakukan secara langsung, menunjukkan bahwa sejumlah dusun di Desa Pante Karya terkena dampak banjir bandang dengan rincian sebagai berikut:

- Dusun Krueng Meuh: Terdapat 19 kepala keluarga yang terkena dampak banjir.

- Lokasi Pengungsian: Meunasah Krueng Meuh, Dusun Leubok Sutui.

Selain itu, terdapat juga warga yang mengungsi di Balai Desa Pante Karya dengan jumlah KK sebanyak 26, di mana 11 KK terkena dampak banjir. Dalam Desa Sarah Mulia, sebanyak 15 KK mengalami dampak banjir dan mengungsi di Balai Desa Cot Jeumpa.

Sementara di Dusun Cot Jeumpa, tercatat 38 KK, dengan 10 KK terdampak banjir, yang juga mengungsi di Balai Desa Cot Jeumpa.

Menyikapi hal tersebut, Pospol Siblah Krueng yang dipimpin Kapospol Siblah Krueng Aipda Mursyid beserta anggotanya turut hadir langsung ke lokasi untuk membantu warga, mengevakuasi dan membersihkan lumpur. 

Tampak dilapangan, petugas membantu warga membersihkan lumpur yang berada dalam rumah warga, serta memindahkan barang-barang ke tempat yang lebih aman.

Kapolres Bireuen AKBP Jatmiko S.H.,M.H., melalui Kapospol Siblah Kreueng Aipda Mursyid mengatakan “Pasca air surut, Personil Pospol Siblah Krueng turut juga membantu membersihkan lumpur di rumah-rumah warga, yang berada di sekitarannya, serta memindahkan barang atau perabot ketempat yang lebih aman,” ujar Mursyid.

Lebih lanjut, kegiatan tersebut terus kami upayakana semaksimal mungkin, agar proses penanggulangan bencana terus berlanjut, dan juga semangat gotong-royong yang kuat, khususnya di Desa Pante Karya dan seluruh komunitas setempat berharap dapat bangkit kembali dan mengatasi segala kesulitan yang ada. Bencana ini telah memperlihatkan bahwa ketika masyarakat bersatu, mereka dapat menghadapi apapun dengan kekuatan yang luar biasa.

Warga Desa Pante Karya mengucapkan terima kasih dalam upaya Kapospol beserta anggotanya dalam membantu warga di masa-masa sulit ini. Mereka bersyukur apa yang sudah diberikan dan harapannya adalah bahwa bersama-sama, mereka akan segera dapat mengatasi dampak banjir ini.

Selain itu, petugas juga menghimbau warga yang berada di bantaran sungai untuk waspada dan bila perlu mengungsi ketempat yang lebih aman dari jangkauan banjir.

“Kami juga menghimbau warga yang berada di bantaran sungai untuk selalu waspada dengan adanya banjir susulan, dan bila perlu mengungsi ke rumah keluarga yang aman dari jangkauan banjir” jelasnya.[red]

© Copyright 2022 - Asumsi Publik - Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini