Breaking News

Warga Keluhkan Pintu Air Waduk Paya Sikameh dibuat Asal Jadi, DPRK Bireuen Surya Yunus: Minta Dinas Terkait Untuk ditinjau Ulang Segera

BIREUEN | Tindak lanjut laporan Keuchik dan Penjaga Dua Pintu Air Pengendali banjir pada Waduk Paya Sikameh Blang Rangkuluh Peudada, Senin 09 Oktober 2023, Camat Peudada Erry Seprinaldy bersama Anggota DPRK Bireuen Surya Yunus lakukan peninjauan langsung ke Lokasi Pintu Air yang  dibangun beberapa tahun yang lalu telah terjadi kerusakan, akibat kurangnya pemeliharaan.

Kerusakan pintu air tersebut menjadi penyebab terjadinya banjir bandang yang selalu terjadi selama musim hujan. Hal ini terlihat jelas bila terjadi hujan deras, otomatis wilayah sekitar dapat merendam dengan banjir bandang. 

Selain itu, banjir bandang yang kerap terjadi di wilayah Desa sekitar waduk Paya Sikameh Kecamatan Peudada bisa berlangsung selama berhari-hari, dan menyebabkan kerusakan yang merugikan ratusan petani setempat.

Camat Peudada Erry Seprinaldy, yang turut didampingi oleh Anggota DPRK Bireuen Surya Yunus, menjelaskan, terkait pintu air waduk Paya Sikameh yang dikeluhkan warga, kebetulan hari ini anggota DPRK tersebut juga membidangi komisi itu, jadi segala kebutuhan yang terkait dengan kondisi tersebut bisa disampaikan langsung, paling tidak bisa menjembatani aspirasi warga dapil pemilihannya, dan warga juga berharap, pintu air ini  kalau bisa secepatnya untuk ditangani, mengingat sangat sulit disaat membuka dan menutupnya. Ujarnya.

Sementara Keuchik Gampong melalui sekretaris desa, menjelaskan, Antisipasi banjir desa sekitar terutama Saluran pembuang ini masih belum maksimal, dan pintu air tersebut harus benar-benar terjaga dan terawat. Paling tidak biaya pemeliharaan setiap tahun sudah cukup, supaya kebutuhan kecil untuk menutupinya sudah ada, Jelasnya.[red]

© Copyright 2022 - Asumsi Publik - Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini