Breaking News

Usai dilantik jadi Pengawas Pemilu Gampong (PPG), Panwascam Peudada Langsung Berikan Pembekalan


Bireuen. Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Peudada, resmi melantik 51 Peserta Panitia Pengawas Pemilu Gampong (PPG) Se- Kecamatan Peudada yang tersebar di 52 Gampong di Aula Gedung Pesantren Terpadu Nurul Islam Peudada, Senin (06/02/23).

Dari 52 Gampong di kecamatan Peudada hanya 1 Gampong yang tidak ada peserta untuk jadi PPG yaitu Pinto Rimba, dalam hal ini peserta yang mendaftar 2 orang dan pada saat tes 1 tidak hadir, 1 lagi tidak memenuhu syarat. Untuk sementara waktu kami Tim penjaringan dari Panwascam menunggu arahan dari pihak Bawaslu Kabupaten mengingat penetapan dan pelantikan yang lain diselesaikan dalam tepat waktu. Selanjutnya bagi Anggota Panwaslu tingkat Gampong yang baru saja dilantik ini agar bisa bekerja sungguh-sungguh, kredibel, dan menjaga kode etik sebagai penyelenggara pemilu” kata Ketua Panwaslu Kecamatan Peudada Fadhli, S.Fill.I., M.Hum.

Fadhli juga meminta kepada anggota PPG dalam menjalankan tugasnya bisa menjalin kerja sama serta bersinergi dengan mitra dengan saudara kandung penyelenggara KPU dalam hal ini PPS yang ada di Gampong masing-masing, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Pemerintah Desa serta stakeholder lainnya.

“Saya juga berharap, sejumlah potensi kerawanan seperti politik uang, dan netralitas ditingkat Gampong untuk terus menjaga dan menjadi priorita pengawasan di wilayah kerjanya masing-masing.
Walau kita jajaran Bawaslu bermitra dengan pemerintah, tapi kita tetap akan fokus pada netralitas dalam menyukseskan Pemilihan,” jelas Fadhli.

Camat Peudada Erry Seprinaldi, S.STP, S.Sos, M.Si mengucapkan selamat tahniah kepada rekan-rekan Pengawas Pemilu tingkat Gampong yang baru saja dilantik oleh Ketua Panwascam Kecamatan Peudada, mudah-mudahan bagi semua peserta yang telah dilantik dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, tugas dengan penuh rasa tanggung jawab, tetap menjaga integritas tentunya Panwascam dan panwas gampong ini sebagai ujung tombak pengawas ditingkat Gampong.

Selanjutnya dalam melaksanakan tugas ini tentu Bapak dan Ibu tidak dapat bekerja sendiri tentu perlu koordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti unsur pimpinan Kecamatan ada Panwascam kemudian yang paling penting ini adalah Pemerintah Gampong setempat diperlukannya saling koordinasi agar nantinya pelaksanaan kegiatan pemilihan umum serentak tahun 2024 ini dapat berjalan dengan lancar, "Ujar Camat

Ketua Panwaslu Kecamatan Peudada juga berharap kembali kepada peserta PPG agar dapat bekerja sama dalam mengawasi tahapan pemutakhiran data pemilih yang dilaksanakan di bulan februari sampai bulan Maret nanti, hal ini harus diawasi dengan sungguh-sungguh sehingga semua masyarakat dapat dipastikan terdaftar dalam DPT.

Pesan terakhir dari Ketua Panwas Kecamatan Peudada berharap kepada PPG yang baru saja dilantik Semoga dari pertama dilantik hari ini dapat menjalankan tugas sesuai dengan peraturan dan perundangan yang berlaku. 

"Jadi untuk tugas dan wewenang PPG sangatlah harus dijaga dan diterapkan untuk di Gampong masing-masing Karena untuk saat ini PPG selaku ujung tombak untuk mensukseskan Pemilu Serentak Ditahun 2024, "Tutupnya.

Acara tersebut turut dihadiri Polsek Peudada yang diwakili oleh Kanit, Kepala KUA Peudada dan PPK Peudada. [*]
© Copyright 2022 - Asumsi Publik - Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini