Breaking News

Harumkan Bireuen dan Aceh, Keuchik Irfadi Binaan Camat Peudada Raih Penghargaan Tingkat Nasional "Paralegal Justice Award 2023"

JAKARTA | Kabar bahagia datang dari Jakarta, dimana salah seorang Keuchik asal Aceh Kabupaten Bireuen berhasil meraih penghargaan sebagai Paralegal Justice Award (PJA). Penghargaan ini merupakan  gelar non akademik NLP (Non Litigation Peacemaker) bagi kepala desa dan anugerah Anubhawa Sasana Desa Jagaddhita dari Kementrian Hukum dan Ham RI.

"Keuchik tersebut yaitu berasal dari Desa Karieng Kecamatan Peudada Bireuen. Ini sangat membanggakan karena   berhasil meraih prestasi tingkat nasional," kata Kabag Hukum Setda Bireuen, Nurul", Senin (05/6/2023).

Diterangkan, kegiatan PJA tingkat nasional yang berlangsung selama lima (5) hari di Jakarta ini terbagi menjadi dua kegiatan, paralegal Academy dan paralegal justice award sebagai apresiasi kepada kepala desa sebagai juru damai di desanya masing-masing.

"Kabupaten Bireuen dalam hal mengikuti Ajang Kegiatan Nasional tersebut berhasil mengirimkan Satu orang Keuchik, sebagaimana sebelumnya telah mengikuti beberapa tahaapn seleksinya. Selain itu, Keuchik yang terpilih tersebut juga mendapat legalitas paralegal NL.P," ujarnya.

Sementara itu, Keuchik Gampong Karieng Kecamatan Peudada Bireuen menyatakan, bahwa anugerah gelar NL.P yang disematkan dibelakang nama dan  Anugerah Anubhawa Sasana Desa Jagaddhita hanya diperuntukan untuk 150 orang dari 300 peserta yang terpanggil kejakarta untuk mengikuti Diklat.

"Saya yang mewakili Kabupaten Bireuen mengucapkan banyak terima kasih kepada para pihak yang telah mendukung baik moril maupun materil," ucap Irfadi.

Dikatakan, selama kegiatan berlangsung, seluruh peserta se Indonesia mendapatkan materi tentang hukum dan teknik pendampingan hukum, baik perdata maupun pidana dalam program paralegal academy.

"Selain mengikuti test tulis digital, pos tes dan diwawancarai oleh hakim agung sebagai penilai untuk menentukan 150 peserta yang berhak mendapatkan Justice Award.

Sebelumnya  juga sempat diajak berkunjung ke kantor Mahkamah Agung (MA) dan Upacara Pancasialbbersama Presiden di Monas," tandas irfadi.

Desa Karieng yang mendapat anugerah tertinggi sebagai Paralegal Justice Award, dalam hal ini juga diperoleh atas dasar mendapat anugerah Non Litigation Peacemaker (NL.P), dan Anubhawa Sasana Desa Jagaddhita yang diserahkan langsung pada malam anugerah paralegal Justice Award di hotel Discovery Ancol Jakarta, bersama Kementerian Hukum dan HAM RI, Jum'at Malam 02 Juni 2023.

Inti dari semua ini tentu pengalaman dan pendalaman materi tentang hukum yang harus diimplementasikan sekaligus memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat," ungkapnya.

Tentu dengan raihan yang diraih ini khsususnya bagi Irfadi merupakan pengharagaan yang Special, apalagi kegiatan ini berlangsung ditingkat Nasional, perebutan Awardnya pun penuh tantangan, ini merupakan sejarah pertama bagi saya mengikuti kompetesi yang sangat besar dan digelar langsung oleh BPHN bersama Kemenkumham RI, Ucap Irfadi.

Disisi lain, selama kegiatan berlangsung juga mendapat support dari kawan-kawan atau rekan-rekan yang lainnya, dan juga keluarga yang terus memberi semangat, dan yang sangat saya ingati selalu membina saya selama kegiatan berlangsung yaitu camat peudada dengan mengarahkan tetap fokus pada intinya, makan dalam inilah saya sangat berbangga dikarenakan mengingat profil saya sendiri masih belum pantas, namun inilah hasil sebaliknya, tak disangka dan tak diduga katagori Paralegal Justice Award 2023 berhasil kita boyong ke Aceh Bireuen. Pungkas Irfadi. [Red]

© Copyright 2022 - Asumsi Publik - Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini