Breaking News

Tuntaskan Kemiskinan Ekstrem, Pj Bupati Bireuen Kembali Lanjutkan Program Pembangunan Rumah Layak Huni

BIREUEN | Penjabat (Pj) Bupati Bireuen, Aulia Sofyan Ph.D, kembali melakukan peletakan batu pertama untuk menandai dimulainya tahap pembangunan rumah layak huni dalam Kabupaten Bireuen yang terdiri dari 5 kecamatan dengan jumlah 30 unit, salah satunya hari ini turut dilakukan di kecamatan Peudada, bertempat di Gampong Meunasah Pulo Kabupaten setempat, Rabu (22/05/24).

Kegiatan peletakan batu pertama pembangunan rumah layak huni ditujukan langsung kepada penerima atas nama Iskandar A.Malek dengan jumlah tanggungan dalam keluarga 5 orang, dan yang bersangkutan juga salah satu tergolong warga kurang mampu yang saat ini tinggal di rumah gebuk.

Camat Peudada Erry Seprinaldi, pada kesempatan tersebut mengharapkan kelanjutan program pembangunan rumah layak huni untuk warga miskin ini dapat berjalan lancar dan bisa selesai tepat waktu.

"Semoga pembangunan ini dapat berjalan lancar, dan kepada konsultan dilapangan untuk dapat mengawasi pekerjaan dengan sebaik-baiknya," pesannya.

Camat juga berharap, tahun 2024 ini disetiap gampong dalam Kecamatan Peudada Bireuen agar dapat membangun rumah layak huni bagi warga miskin, minimal satu unit satu desa, hal ini sebagaimana program utama Pj Bupati Bireuen dalam hal penuntasan kemiskinan dengan membangun rumah layak huni.

"Tujuan Pemkab Bireuen menyukseskan program ini, dalam hal pengentasan kemiskinan untuk memberikan tempat layak bagi masyarakat kurang mampu, semoga dapat dimanfaatkan bagi penerima dan tak perlu lagi memikirkan dana untuk membangun, hanya fokus cari nafkah buat keluarga," kata Erry Seprinaldi.

Kepala Dinas Perkim Bireuen Fadli, S.T., M.S.M kepada awak media menjelaskan, kegiatan ini dapat terlaksana berkat komitmen Pj Bupati Bireuen dalam menindaklanjuti program nasional yaitu program pengentasan dan pencegahan kemiskinan ekstrim.

"Program ini merupakan salah satu bentuk menghapus kemiskinan ekstrem, melalui pembangunan rumah layak huni bagi masyarakat yang berhak menerima dan dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah untuk memiliki rumah lebih layak, sehat dan nyaman," ucap Kadis.

Sebelumnya, pernah pernah menegaskan, Pemkab Bireuen melalui Dinas Perkim Bireuen akan membangun sebanyak 139 unit rumah yang tersebar di 110 gampong di 17 kecamatan yang ada di Kabupaten Bireuen.

Namun masih ada keterbatasannya, 2024 ini kita bangun hanya 5 kecamatan, salah satunya hari ini di bangun di Desa Meunasah Pulo Pudada, Rumah tipe 36 plus artinya sudah dilengkapi dengan kamar mandi ukuran 1,5 meter," jelas Kadis Fadhli.

Sementara Hamdani Selaku Keuchik setempat, berterimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Bireuen,  hari ini hadir langsung melakukan peletakan batu pertama bantuan rumah layak huni di desa kami, keluarga penerima juga merasa terharu, dan bersyukur atas bantuan yang diterima dari Pemkab Bireuen.

"Terima kasih kepada Pj Bupati Bireuen dan Kadis Perkim Bireuen, Camat Peudada, TKSK dari Dinas Sosial, dan Seluruh jajaran pendukung lainnya yang telah membantu membangun baru rumah layak huni untuk keluarga warga yang kurang mampu," Pungkas Keuchik Hamdani. [*]
© Copyright 2022 - Asumsi Publik - Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini